Tragedi Kanjuruhan 1 Oktober 2022

Jokowi Berpesan Khusus ke Kapolri Terkait Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Gas Air Mata Bawa Petaka?

Presiden Jokowi memberikan pesan khusus untuk Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terkait kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Malang, pada Sabtu malam.

Penulis: Rr Dewi Kartika H | Editor: Yogi Jakarta
Kolase Tribun Jakarta
Presiden Jokowi memberikan pesan khusus untuk Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terkait kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Malang, pada Sabtu (1/10/2022). 

TRIBUNJAKARTA.COM - Presiden Jokowi memberikan pesan khusus untuk Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terkait kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Malang, pada Sabtu (1/10/2022).

Sekedar informasi kerusuhan tersebut terjadi seusai tuan rumah Arema FC kalah 2-3 dari Persebaya di pekan ke-11 liga 1 2022/2023.

Dalam kerusuhan berdarah itu 129 orang meninggal dunia dan 180 orang luka-luka.

TONTON JUGA

Kerusuhan dalam laga Arema FC VS Persebaya tersebut tentunya menjadi perhatian semua pihak, termasuk Jokowi.

Orang nomor satu di Indonesia itu, mengaku telah meminta sejumlah pihak mulai dari Menteri Kesehatan, Menpora, Ketua Umum PSSI, hingga Kapolri untuk mengadakan evaluasi menyeluruh.

"Saya telah meminta Menteri Kesehatan dan Gubernur Jawa Timur, untuk memonitor khusus pelayanan medis bagi korban yang sedang dirawat di rumah sakit, agar mendapatkan pelayanan terbaik," ucap Jokowi, pada Minggu (2/10/2022).

"Saya telah memerintahkan kepada Mempora, Kapolri dan Ketua Umum PSSI untuk melakukan evaluasi menyeluruh tentang pelaksanaan pertandingan sepak bola, dan proseder keamanannya," imbuhnya.

Kerusuhan usai laga Arema FC vs Persebaya Surabaya pada pekan ke-11 Liga 1 2022/2023 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022) malam. Kepolisian menjelaskan kronologi dan lokasi ditemukannya banyak korban jiwa.
Kerusuhan usai laga Arema FC vs Persebaya Surabaya pada pekan ke-11 Liga 1 2022/2023 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022) malam. Kepolisian menjelaskan kronologi dan lokasi ditemukannya banyak korban jiwa. (Kolase TribunJakarta.com/net)

Baca juga: Sudah Koordinasi dengan Host Broadcaster, Ini Surat PT LIB Minta Arema Vs Persebaya Pukul 20.00 WIB

Sementara itu teruntuk Kapolri, Jokowi meminta jenderal bintang empat tersebut untuk melakukan investagasi dan pengusutan terkait proses pengamanan di Stadion Kanjuruhan.

"Kepada Kapolri saya minta untuk melakukan investigasi dan mengusut tuntas kasus ini," kata Jokowi.

Jokowi lalu berpesan kepada Ketua Umum PSSI, untuk menghentikan sementara Liga 1, sampai waktu yang belum ditentukan.

"Saya juga memerintahkan PSSI untuk menghentingkan sementara Liga 1, sampai evaluasi dan perbaikan prosuder pengamanan dilakukan," ucap Jokowi.

Mobil K-9 milik kepolisian dirusak dan dibalik supporter Aremania dalam kerusuhan usai laga Arema FC vs Persebaya Surabaya pekan ke-11 Liga 1 2022/2023 di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022).
Mobil K-9 milik kepolisian dirusak dan dibalik supporter Aremania dalam kerusuhan usai laga Arema FC vs Persebaya Surabaya pekan ke-11 Liga 1 2022/2023 di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022). (Kompas.com/Imron Hakiki)

Baca juga: Pertandingan Rival Abadi Persib Vs Persija Ditunda Buntut Tragedi Kanjuruhan Ratusan Nyawa Melayang

Diakhir pernyataannya, Jokowi berharap kerusuhan maut di Stadion Kanjuruhan tak akan pernah kembali terjadi.

"Saya juga menyesalkan tragedi ini, dan saya berharap ini tragedi terakhir di tanah air," kata Jokowi.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved