Puluhan Jakpreneur di Pulau Kelapa Ikuti Bazar UMKM, Omzet Sehari Capai Belasan Juta

30 anggota Jakpreneur dari Kelurahan Pulau Kelapa, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara mengikuti bazar yang dilaksanakan Sudin PPKUKM.

Dok. Pemkab Kepulauan Seribu
Sebanyak 30 anggota Jakpreneur dari Kelurahan Pulau Kelapa, mengikuti bazar yang dilaksanakan Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Usaha Kecil Menengah. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, KEPULAUAN SERIBU - Sebanyak 30 anggota Jakpreneur dari Kelurahan Pulau Kelapa, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara mengikuti bazar yang dilaksanakan Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Usaha Kecil Menengah (Sudin PPKUKM).

Bzar dilakukan dalam rangka membantu memasarkan produk unggulan Kepulauan Seribu, khususnya Pulau Kelapa kepada warga atau wisatawan yang berkunjung.

Kepala Seksi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Sudin PPKUKM Kepulauan Seribu Syamsul Hidayat mengatakan, ada sebanyak 30 anggota Jakpreneur yang mengikuti bazar ini.

"Alhamdulillah, ada 30 anggota Jakpreneur UMKM Pulau Kelapa yang mengikuti Bazar, dengan empat stand untuk mereka memasarkan produknya," kata Syamsul, Minggu (2/10/2022).

Syamsul menjelaskan, kegiatan Bazar kelurahan dilakukan guna menggenjot kenaikan penjualan anggota binaannya.

Baca juga: Era Sudah Digital, UMKM Juga Perlu Berkembang di Sisi Pemasarannya Via Aplikasi

Terbukti, dalam sehari dilaksanakan bazar, omzet dari para pelaku UMKM mencapai belasan juta rupiah.

"Omzet selama satu hari yang didapat dari 30 anggota Jakpreneur kelurahan Pulau Kelapa mencapai Rp 17.850.000," tuturnya.

Terkait mekanisme pembayaran, tambah Syamsul, pihaknya sudah memberlakukan anggota Jakpreneur yang mengikuti bazar untuk menerapkan sistem daring.

Yaitu dengan menggunakan pembayaran melalui QRIS selain pembayaran manual alias kontan.

"Kita terus mendorong agar pelaku UMKM dapat memiliki QRIS agar bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk kemudahan dan kecepatan bisnisnya," tuturnya.

Baca juga: Masih Jadi Sektor Menjanjikan, MPM Beauty Janjikan UMKM Tak Perlu Takut Bisnis Produk Kecantikan

Sementara itu, Lurah Kelurahan Pulau Kelapa Muslim mengapresiasi kegiatan bazar yang dilaksanakan Sudin PPKUKM Kepulauan Seribu, sehingga meningkatkan penjualan produk para UMKM.

"Semoga para Jakpreneur makin berkembang dengan produksi olahan produk rumah tangga, sehingga meningkat ke level tinggi dengan menggunakan logo dan kemasan yang menarik," kata Muslim.

"Harapannya lebih banyak lagi yang dijual dan di soslisasikan kepada masyarakat apa saja makanan yang favorit, makanan unggulan dari Pulau Kelapa," tutupnya.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved