Pilpres 2024

Dukungan Anies Baswedan Capres 2024 Kembali Bertambah, Kali Ini Dideklarasikan oleh Majelis Warga

Dukungan dari berbagai pihak kepada Anies Baswedan untuk maju sebagai calon presiden di Pilpres 2024 terus bertambah.

Editor: Elga H Putra
Istimewa
Relawan Majelis Warga mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai Calon Presiden Rakyat pada Minggu (2/10/2022). 

TRIBUNJAKARTA.COM - Dukungan dari berbagai pihak kepada Anies Baswedan untuk maju sebagai calon presiden di Pilpres 2024 terus bertambah.

Terbaru, giliran 57 orang perwakilan dari seluruh wilayah Indonesia yang mengatasnamakan diri sebagai Majelis Warga mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai Calon Presiden Rakyat pada Minggu (2/10/2022).

Menurut para Majelis Warga, deklarasi tersebut dimaksudkan untuk menggugah publik bahwa rakyat berhak menyatakan pilihannya dalam Pilpres 2024.

Dimana pilihan tersebut hendaknya diakomodasi oleh partai politik sebagai pihak yang memiliki mandat konstitusional untuk mengusung Calon Presiden.

“Rakyat merupakan jiwa dan dasar adanya demokrasi.

Baca juga: NasDem Resmi Usung Anies Baswedan jadi Bakal Capres 2024, Surya Paloh: Kami Cari yang Terbaik

Karena itu, kinerja demokrasi haruslah sepenuhnya melibatkan dan mencerminkan kehendak serta perikehidupan rakyat,” ujar Azmi Majid, pegiat warga asal Brebes, Jawa Tengah, yang membacakan deklarasi.

Menurut Azmi, prosedur demokrasi merupakan tata cara yang tidak seharusnya memutus akses rakyat dalam ikut ambil bagian dalam proses rekruitmen kepemimpinan nasional.

“Setelah proses panjang pengumpulan aspirasi rakyat, Majelis Warga menyatakan bahwa Anies Rasyid Baswedan, Ph.D. merupakan Calon Presiden Rakyat yang diharapkan rakyat memimpin perubahan guna mengakselerasi perwujudan cita-cita kemerdekaan,” kata Azmi.

n Majelis Warga mende
Relawan Majelis Warga mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai Calon Presiden Rakyat pada Minggu (2/10/2022).

Azmi menuturkan, rakyat percaya bahwa pada waktu yang tepat, partai-partai yang selama ini telah memberikan sinyal berkoalisi, yakni Nasdem, Demokrat dan PKS, akan mendeklarasikan secara resmi nama Anies Baswedan sebagai calon Presiden mereka.

Dengan deklarasi rakyat ini, ucap Azmi, rakyat ingin memastikan calon pilihannya memperoleh mandat untuk berkontestasi politik di 2024 guna melanjutkan kepemimpinan nasional.

Di sisi lain, pihaknya juga ingin meyakinkan dukungan Majelis Warga kepada partai-partai yang berniat menjadi pengusung Anies.

“Perlu kolaborasi antara masyarakat politik dan masyarakat sipil untuk membangun formasi perubahan guna memastikan diwujudkannya apa yang menjadi kepentingan rakyat, bangsa dan negara,” kata dia.

Baca juga: NasDem Umumkan Anies Baswedan Jadi Capres 2024, Ini Alasan Surya Paloh

NasDem Resmi Usung Anies Capres 2024

Sementara itu, pada hari ini, Senin (3/10/2022), Partai NasDem resmi mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (capres) Pilpres 2024.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved