Hari Pertama Uji Coba Rekayasa Lalu Lintas di Cipete Alami Kepadatan, Kadishub Ungkap Alasannya

Kadishub DKI Syafrin Liputo ungkap alasan adanya kepadatan di hari pertama uji coba rekayasa lalu lintas di Cipete, Jakarta Selatan.

TribunJakarta.com/Nur Indah Farrah Audina
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (3/10/2022) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengakui ada kepadatan di hari pertama uji coba rekayasa lalu lintas di kawasan Cipete, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan.

Sebagai informasi, rekayasa lalin di kawasan tersebut telah diberlakukan sejak Jumat (30/9/2022) lalu dan diberlakukan selama dua pekan ke depan.

Namun, di hari pertama penerapannya, kepadatan sempat terjadi dan hal ini tak ditampik oleh anak buah Gubernur Anies Baswedan.

"Memang di hari pertama, Jumat kemarin kami pantau di Jalan Fatmawati raya itu terjadi sedikit kepadatan, tapi jika kita melihat kepadatan itu lebih kepada pengemudi yang menanyakan kondisinya. Sehingga mereka memperlambat bertanya ke petugas," ujarnya di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (3/10/2022).

Syafrin menjelaskan, uji coba rekayasa lalu lintas ini untuk mengurai kemacetan di kawasan tersebut.

Baca juga: Ada Proyek Crossing Saluran Air, Rekayasa Lalu Lintas Diberlakukan di 2 Jalan di Jakarta Timur

Sebagai contoh masyarakat dari Jalan Asam II yang menuju Cipete Dalam diluruskan ke Jalan RS Fatmawati Raya untuk berputar ke Jalan Cipete Raya.

Sehingga tak ada penumpukan di tengah-tengah jalur tersebut.

"Tapi dengan posisi ini tapi di jalan, di simpang Fatmawati Cipete Raya tadi sudah dilakukan pelarangan belok kanan, baik itu dari Cipete Raya maupun dari arah fatmawati selatan tidak boleh belok ke arah Cipete Raya di sana trafficnya cukup kondusif. Setelah itu sekarang situasinya mulai normal dan tentu ini akan kita lakukan evaluasi karena uji cobanya kita lakukan 2 minggu ke depan," jelasnya.

Sejumlah pengendara yang melewati jalur sepeda di bawah Stasiun MRT Cipete Raya, Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (20/11/2019).
Sejumlah pengendara yang melewati jalur sepeda di bawah Stasiun MRT Cipete Raya, Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (20/11/2019). (TribunJakarta.com/Annas Furqon Hakim)

Dilansir dari kompas.com, polisi memberlakukan uji coba rekayasa lalu lintas di kawasan Cipete, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan selama dua pekan ke depan terhitung sejak Jumat (30/9/2022).

Uji coba rekayasa lalu lintas itu telah diinformasikan melalui akun Instagram @tmcpoldametro. Dalam keterangan unggahan itu, tertulis rekayasa lalin akan diberlakukan hingga 13 Oktober 2022.

Baca juga: Jadi Sumber Kemacetan, Dishub Kota Bekasi Rekayasa Lalu Lintas di Simpang Sasak Papan Summarecon 

Berdasarkan peta perjalanan yang diunggah, terdapat beberapa pengalihan arus lalu lintas di kawasan Cipete, Cilandak, Jakarta Selatan.

Berikut pengalihan arus lalu lintas di kawasan Cipete Jakarta Selatan:

- Arus lalu lintas dari Jalan Cipete Raya yang akan menuju kawasan Fatmawati atau belok kanan mengarah ITC Fatmawati dialihkan ke Jalan RS Fatmawati dan berputar di depan Pizza Hut.

- Arus lalu lintas dari RS Fatmawati yang akan menuju kawasan Cipete Raya diluruskan dan harus berputar di depan SPBU atau toko Al Barkat Carpet

- Arus Lalu Lintas dari Jalan BDN Raya yang menuju Jalan Cipte III diluruskan ke Jalan Gaharu berbelok ek Jalan Cipete VIII dan Cipete Raya.

- Arus Lalu lintas dari Jalan Asam II yang menuju Cipete Dalam diluruskan ke Jalan RS Fatmawati Raya

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved