Pilpres 2024

PSI Deklarasikan Ganjar Pranowo Jadi Capres 2024, Tak Mau Kalah dari NasDem dan Anies Baswedan

PSI mendeklarasikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai capres 2024. keputusan ini diambil berdasarkan hasil Rembuk Rakyat.

Tribunnews/Irwan Rismawan
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berpose usai wawancara khusus dengan Tribun Network di kantor Tribun Network, Jakarta Pusat, Rabu (12/8/2020). PSI mendeklarasikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai capres 2024. keputusan ini diambil berdasarkan hasil Rembuk Rakyat. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mendeklarasikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai capres 2024.

Wakil Ketua Umum PSI Grace Natalie mengatakan, keputusan ini diambil berdasarkan hasil Rembuk Rakyat yang diselenggarakan sejak akhir Februari 2022 lalu.

"Dari hasil Rembuk Rakyat itu, kami mengumumkan PSI akan mencalonkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden di 2024," ucapnya dalam konferensi pers online, Senin (3/10/2022).

Sebagai informasi, Rembuk Rakyat merupakan mekanisme yang dibuat PSI untuk menjaring nama-nama capres yang akan diusung untuk melanjutkan kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

Hasilnya, ada sembilan nama yang awalnya masuk bursa capres 2024 versi PSI.

Baca juga: Anies Baswedan Pamerkan 4 Sekolah Net Zero Carbon, PSI Ingatkan Ada 16 Kelurahan Tak Miliki SD

Mereka adalah Ganjar Pranowo, Erick Thohir, Emil Dardak, Mahfud MD, Andika Perkasa, Ridwan Kamil, Muhammad Tito Karnavian, Najwa Shihab, dan Sri Mulyani Indrawati.

Sosok Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sendiri tak masuk dalam daftar ini.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memberi ucapan selamat di hari ulang tahun Presiden Jokowi.
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memberi ucapan selamat di hari ulang tahun Presiden Jokowi. (Instagram Ganjar Pranowo)

"Nama-nama itu didapat dari hasil turun ke bawah yang dilaksanakan oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dan pengurus daerah yang bertemu para tokoh dan mendengarkan suara mereka terkait nama-nama yang pantas untuk menjadi calon presiden berikutnya,” ujarnya.

Dari sembilan nama tersebut, PSI akhirnya memilih figur Ganjar Pranowo sebagai capres 2024.

Grace bilang, Ganjar dipilih lantaran dinilai lebih unggul dibandingkan kandidat lainnya.

Oleh karena itu, Ganjar Pranowo adalah calon terbaik karena punya visi kebanhsaan dan kebhinekaan yang sama dengan yang selama ini diperjuangkan PSI.

"Selain itu, PSI melihat mas Ganjar sebagai sosok yang paling pas untuk melanjutkan kerja-kerja yang selama ini dilakukan pak Jokowi dalam memajukan Indonesia," kata dia.

Baca juga: Hari Ini NasDem Deklarasikan Capres 2024, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo atau Andika Perkasa?

"Ini adalah calon presiden 2024 pilihan rakyat lewat Rembuk Rakyat, bukan keinginan elit PSI. Dan pilihan rakyat itu sesuai dengan hati nurani kami di PSI," sambungnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved