Banjir Jakarta, Anies Baswedan Klaim Sudah Siagakan Petugas Sebelum Hujan Turun: Alat Ada di Lokasi

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim sudah menyiagakan petugas sebelum sejumlah titik di ibukota terendam banjir.

Penulis: Annas Furqon Hakim | Editor: Wahyu Septiana
Kolase TribunJakarta.com
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim sudah menyiagakan petugas sebelum sejumlah titik di ibukota terendam banjir. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Annas Furqon Hakim

TRIBUNJAKARTA.COM, PESANGGRAHAN - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim sudah menyiagakan petugas sebelum sejumlah titik di ibukota terendam banjir.

Ia mengatakan, para petugas disiagakan di lokasi rawan banjir bahkan sebelum hujan turun.

"Jadi, kejadian tadi malam (hujan) yang amat lebat tim DKI mengirimkan alat-alat mulai dari truk Damkar sampai pompa mobile ke lokasi-lokasi yang cekung sebelum hujan," kata Anies di kawasan Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Rabu (5/10/2022).

"Jadi kalau teman-teman lihat, (saat) mendung alat-alat itu sudah berada di lokasi yang terduga akan mengalami genangan sampai banjir," tambahnya.

Menurut Anies, wilayah dengan dataran cekung memang berpotensi terjadi genangan hingga banjir saat hujan deras.

Baca juga: Jakarta Kebanjiran, Anies Baswedan Minta Masyarakat Dewasa: Diselesaikan Scientific, Bukan Politik

"Kalau daerah yang tidak cekung, air mudah mengalir. Tapi kalau di daerah yang cekung, ketika terjadi hujan dengan volume yang amat tinggi, lalu diandalkannya pompa untuk mengalirkan ke tempat lain," ujar dia.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI itu berharap masyarakat menyikapi persoalan banjir secara dewasa.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di kawasan Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Rabu (5/10/2022).
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di kawasan Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Rabu (5/10/2022). (TRIBUNJAKARTA.COM/ANNAS FURQON HAKIM)

Menurutnya, banjir adalah persoalan yang perlu ditangani secara scientific atau dengan ilmu pengetahuan. 

"Kami berharap kedewasaan kita semua untuk melihat ini sebagai sebuah problem yang diselesaikan secara scientific. Bukan semata-mata secara politik," kata Anies.

Oleh karena itu, Anies meminta masyarakat mengormati ilmu pengetahuan dan memahami solusi yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta.

"Itulah kenapa kita penting sekali menghormati ilmu pengetahuan dan melaksanakan ilmu pengetahuan. Karena inilah solusi untuk kita ke depan," ujar dia.

Baca juga: Deklarasi Anies Baswedan Beda Ranah dengan Pemeriksaan KPK, Pengamat: Partai Ini Berusaha Eksis 

Ia pun berharap Pj Gubernur terpilih dapat meneruskan program-program terkait penanggulangan banjir.

"Nah ini PR kita ke depan, karena nanti bisa diteruskan," tutur Anies yang baru dideklarasikan sebagai Capres 2024 oleh Partai NasDem.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved