Baru Diresmikan Anies Baswedan, Wisatawan Berlibur ke Pulau Seribu Bayar Pakai Aplikasi

Pemprov DKI Jakarta menggandeng BUMD Bank DKI menerapkan digitalisasi tiket atau e-ticketing bagi wisatawan Pulau Seribu.

Istimewa/Dokumentasi Kementerian PUPR
Taman Arsa, Taman Sakura, dan Jalan Gertak Mangrove/ Jembatan Pengantin di Pulau Untung Jawa. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Pemprov DKI Jakarta menggandeng BUMD Bank DKI menerapkan digitalisasi tiket atau e-ticketing bagi wisatawan maupun warga yang ingin menggunakan transportasi di Pelabuhan Kali Adem Muara Angke, Jakarta Utara.

Direktur Teknologi dan Operasional Bank DKI Amirul Wicaksono mengatakan, digitalisasi tiket ini merupakan upaya pihaknya mendukung revitalisasi Pelabuhan Kali Adem Muara Angke, salah satunya lewat aplikasi pemesanan tiket 'Jaket Boat'.

“Bank DKI juga turut mendukung penerapan transaksi non tunai pada gerai makanan dan minuman di kanton pelabuhan melalui kanal pembayaran digital seperti JakOne Mobile dan JakOne Pay," ucapnya dalam keterangannya, Rabu (5/10/2022).

Melalui aplikasi Jaket Boat ini, para wisatawan dapat mengunjungi tempat wisata di Kepulauan Seribu seperti Pulau Kelor, Pulau Bidadari, hingga sejumlah pulau lainnya.

Ia menjelaskan, wisatawan atau pengunjung cukup melakukan download aplikasi Jaket Boat pada google play store untuk handphone berbasis Android dan App Store untuk handphone berbasis IOS.

Baca juga: KM Bina Karya Rusak Kemudi di Tengah Laut saat Antar 140 Penumpang ke Pulau Seribu

"Setelah melakukan pendaftaran, masuk pada menu utama Jaket Boat dan pilih Beli Tiket Kapal. Selanjutnya, isi data keberangkatan, pulang dan jumlah penumpang untuk mencari ketersediaan tiket kapal,” ujarnya.

Setelah itu, akan tampil informasi tiket yang tersedia. Tahapan selanjutnya, isi identitas penumpang kemudian lanjutkan pembayaran. 

Tahapan terakhir, pilih metode pembayaran dengan Virtual Account Bank DKI atau QRIS, lalu klik bayar.

"Tiket kemudian akan muncul berbentuk QR Code yang dapat di scan pada gate masuk Pelabuhan," tandas Amirul.

Sebagai informasi tambahan, Pelabuhan Muara Angke baru saja diresmikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menyebut, kehadiran pelabuhan ini diharapkan dapat memfasilitasi kebutuhan mobilitas warga Kepulauan Seribu ke daratan dan begitu pula sebaliknya.

“Jakarta adalah sebuah kota yang terdiri dari kawasan daratan dan kepulauan, karena itu pembangunan harus menjangkau semua," ujarnya.

"Alhamdulillah, sore ini salah satu niat untuk melakukan pembangunan di semua aspek tertuntaskan,” sambungnya.

 

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved