Hibah Ke Berbagai Daerah, Gubernur Anies Akui Ketersediaan Lahan di Jakarta Tak Tutupi Kebutuhan

Pemprov DKI Jakarta melaksanakan penandatanganan kesepakatan bersama dengan 11 pemerintahan daerah baik tingkat Provinsi maupun Kota/Kabupaten.

Nur Indah Farrah Audina/TribunJakarta.com
Suasana penandatanganan kesepakatan bersama dengan 11 pemerintahan daerah di Balai Agung, Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (5/10/2022). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Pemprov DKI Jakarta melaksanakan penandatanganan kesepakatan bersama dengan 11 pemerintahan daerah baik tingkat Provinsi maupun Kota/Kabupaten di Balai Agung, Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (5/10/2022).

Penandatangan kesepakatan ini diketahui berkaitan dengan pengembangan potensi daerah dan pelayanan publik dan pelaksanaan hibah Kendaraan Dinas Operasional (KDO) Pemadam Kebakaran.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan, kerja sama pengembangan potensi daerah serta peningkatan pelayanan publik ini memiliki ruang lingkup teknologi dan informasi, ketahanan pangan, kebudayaan, pariwisata dan ekonomi kreatif, pengembangan sumber daya manusia dan pengembangan BUMD.

Sebagai contoh kerjasama di ranah ketahanan pangan dilakukan lantaran ketersediaan lahan di Jakarta tak mampu mengcover kebutuhan di ibu kota. Sehingga kerja sama menjadi solusi yang baik untuk mengatasi masalah ini.

"Lahan di sini bahkan ada pergub baru di Jakarta ini yang membebaskan PBB untuk tanah yang digunakan bagi kegiatan pertanian, peternakan, perikanan. Di Jakarta ini bebas PBB sekarang kalau anda bertani perkebunan maka itu dibebaskan supaya orang memanfaatkan lahan kosongnya untuk kegiatan pertanian. Tapi itu jumlahnya tidak akan pernah cukup untuk kebutuhan warga Jakarta. Sehingga BUMD-BUMD kita membangun kerja sama dengan daerah," ujarnya kepada wartawan.

Baca juga: Anies Baswedan Jadi Capres 2024, Hasil Survei Sang Gubernur Berpeluang Menang Bila Didampingi AHY

Lebih lanjut, Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menjelaskan bila saat ini dunia sedang menghadapi potensi resesi.

Maka kegiatan kerja sama perekonomian antarwilayah di Indonesia harus ditingkatkan.Harapannya

Dengan harapan, perekonomian domestik akan bergerak, pertumbuhan ekonomi baik, dan harapannya manfaat dari kerja sama ini dirasakan pada peningkatan kesejahteraan di tiap daerah.

"Kami di Jakarta, sudah disampaikan, kami memiliki demand yang tinggi atas berbagai produk yang ada dimulai dari pertanian sampai perindustrian. Dan dengan adanya kerja sama ini mudah-mudahan kegiatan transaksi itu bisa berjalan lebih efisien dan harapannya nanti memang kesejahteraan tumbuh merata di semua wilayah," lanjutnya.

Adapun 11 kepala daerah yang menjalin kerja sama pengembangan potensi daerah serta pelayanan publik ini antara lain; Gubernur Sulawesi Selatan, Gubernur Sumatera Barat,  Pj Gubernur Maluku Utara, Walikota Solok, Walikota Malang, Walikota Bengkulu, Bupati Maluku Tengah, Bupati Tanah Datar, Bupati Solok, Bupati Kuningan, serta Bupati Jember.

Selanjutnya, bersamaan dengan penandatanganan tersebut juga dilakukan Penyerahan Hibah Mobil Pemadam Kebakaran kepada 14 Pemerintah Daerah.

Hal ini sesuai dengan mekanisme pemberian bantuan atau hibah kendaraan operasional pemadam kebakaran yang diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 19 Tahun 2016.

Adapun dasar penyerahan hibah mobil Pemadam Kebakaran tersebut sebagai bentuk sinergi dan kolaborasi bersama antar Pemerintah Daerah yang dimulai dengan adanya permohonan dari Provinsi/Kabupaten/Kota lain terkait kebutuhan kendaraan operasional di daerah yang belum memadai.

Berikut penerima hibah mobil pemadam kebakaran:

a. Walikota Probolinggo
b. Walikota Banjarmasin
c. Walikota Pariaman
d. Walikota Palopo
e. Bupati Brebes
f. Bupati Bengkulu Tengah
g. Bupati Empat Lawang
h. Bupati Kuningan
i. Bupati Alor
j. Bupati Ogan Komering Ilir
k. Bupati Sigi
l. Bupati Rotendao
m. Bupati Lampung Utara
n. Bupati Padang Pariaman

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved