Tragedi Kanjuruhan 1 Oktober 2022

Ketua TGIPF Mahfud MD: Liga 1, 2 dan 3 Dihentikan sampai Dinyatakan Bisa Dinormalisasi

Dikatakannya, semua kegiatan yang berpayung PSSI, terutama Liga 1, 2, dan 3, dihentikan sementara sampai Presiden menyatakan bisa dinormalisasi

Penulis: Abdul Qodir | Editor: Acos aka Abdul Qodir
Tribunnews
Menteri Kooordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD saat mengumumkan pembentukan Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (3/10/2022). Terkini, Mahfud MD mengumumkan TGIPF Tragedi Kanjuruhan merekomendasikan penghentian sementara gelaran Liga 1, Liga 2, dan Liga 3 Indonesia.  

TRIBUNJAKARTA.COM - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) sekaligus Ketua Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) tragedi Kanjuruhan Mahfud MD mengrekomendasikan penghentian sementara gelaran Liga 1, Liga 2, dan Liga 3 Indonesia.

Rekomendasi tersebut berdasarkan rapat perdana yang digelar pada Selasa (4/10/2022) bersama dengan 13 anggota TGIPF.

Mahfud mengatakan, penghentian seluruh kompetisi sepak bola Liga Indonesia ini merupakan penekanan dari TGIPF dan disetujui oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali.

"TGIPF ini juga menekankan dan disetujui oleh Menpora, bahwa semua kegiatan yang berpayung PSSI, terutama Liga 1, 2, dan 3 supaya dihentikan," ujar Mahfud dalam keterangan pers, Rabu (5/10/2022).

Dikatakannya, semua kegiatan yang berpayung PSSI, terutama Liga 1, 2, dan 3, dihentikan sementara sampai Presiden menyatakan bisa dinormalisasi setelah TGIPF menyampaikan rekomendasinya.

Bentuk normalisasi itu akan bergantung pada hasil kerja TGIPF yang saat ini sedang bekerja.

Baca juga: Dari 14 Pintu yang Terbuka Cuma 2 Pintu Saat Tragedi Kanjuruhan, Kuncinya Diduga Dipegang Sosok Ini

Adapun TGIPF, kata Mahfud, akan bekerja dengan cepat menemukan fakta-fakta peristiwa Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang itu.

Ia menjelaskan, TGIPF akan bekerja lebih kurang dengan masa waktu dua minggu ke depan.

"Insya Allah tiga minggu tim ini sudah dapat menyampaikan hasil kerjanya kepada Presiden, dan mudah-mudahan bisa lebih cepat dari itu," imbuh Mahfud.

Gas air mata mengepung tribun penonton pascalaga Arema Vs Persebaya dalam lanjutan Liga 1 2022 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/10/2022) malam. Akibat kerusuhan itu, sekitar 129 orang meninggal dunia dan puluhan dirawat di berbagai rumah sakit di Kabupaten Malang, Kota Malang dan sekitarnya.
Gas air mata mengepung tribun penonton pascalaga Arema Vs Persebaya dalam lanjutan Liga 1 2022 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/10/2022) malam. Akibat kerusuhan itu, sekitar 129 orang meninggal dunia dan puluhan dirawat di berbagai rumah sakit di Kabupaten Malang, Kota Malang dan sekitarnya. (Istimewa)

Dia berharap TGIPF yang dia pimpin bisa segera menemukan akar masalah agar peristiwa kerusuhan sepak bola Indonesia tak terulang kembali.

Selain penghentian seluruh kompetisi sepak bola Liga Indonesia, TGIPF  juga mengeluarkan dua rekomendasi lainnya.

Pertama, adalah penjatuhan sanksi bagi pihak-pihak yang melakukan pelanggaran terkait kerusuhan di Stadion Kanjuruhan yang menelan koban tewas mencapai 131 orang.

Kedua,  dikomendasikan adanya sinkronisasi regulasi FIFA dan peraturan perundang-undangan di Indonesia.

Baca juga: UPDATE: Pemerintah Umumkan Korban Meninggal Tragedi Kanjuruhan jadi 131 Orang, Termasuk 33 Anak

Sinkronisasi tersebut akan disosialisasikan ke pihak-pihak yang bertanggung jawab dalam sepakbola Indonesia

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved