Penjabat Pengganti Anies Baswedan

Survei IPO Ungkap Sosok Pj Gubernur Pengganti Anies Baswedan yang Diinginkan Warga Jakarta

Survei IPO menunjukkan sosok yang diinginkan warga Jakarta terhadap Pj Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan, Rabu (5/10/2022).

Kolase Tribun Jakarta
Kolase foto Sekda DKI Jakarta, Marullah Matali, Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar dan Kepala Sekretariat Kepresidenan Heru Budi Hartono yang jadi calon pengganti Anies Baswedan di DKI Jakarta. Survei IPO menunjukkan sosok yang diinginkan warga Jakarta terhadap Pj Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan, Rabu (5/10/2022). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Dua pekan jelang lengsernya Gubernur Anies Baswedan, bursa Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta makin memanas, Rabu (5/10/2022).

Sejauh ini, baru ada tiga nama kandidat yang mencuat, yaitu Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Marullah Matali, Kepala Sekretariat Kepresidenan Heru Budi Hartono, dan Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar.

Ketiga nama ini pun sudah diajukan DPRD DKI kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk selanjutnya diteruskan kepada Presiden Joko Widodo.

Nantinya, Pj Gubernur ini akan memimpin ibu kota hingga 2024 mendatang.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Indonesia Political Opinion (IPO), warga Jakarta ingin Pj Gubernur DKI pengganti Anies Baswedan merupakan sosok yang ramah dan merakyat (34 persen).

Baca juga: Survei IPO: Mayoritas Warga Jakarta Puas 5 Tahun Dipimpin Gubernur Anies Baswedan

Kemudian, masyarakat juga ingin agar sosok tersebut netral dari kepentingan politik (27 persen) dan netral dari polarisasi politik masa lalu (11 persen).

Selain itu, masyarakat juga ingin pemimpin yang bersih dari perilaku korupsi, memiliki sikap toleransi, tegas dan pintar, bebas dari politik identitas, serta dekat dengan semua golongan.

Dari ketiga nama yang diusulkan DPRD DKI, Marullah Matali dianggap sebagai sosok yang paling memenuhi kriteria tersebut.

Marullah Matali mendapat skor 44 persen, Bahtiar 36 persen, Heru Budi Hartono 4 persen, dan responden yang tidak tahu atau tidak menjawab ada 16 persen.

Baca juga: Survei Kandidat Pj Gubernur DKI Pengganti Anies Baswedan: Bahtiar Paling Favorit Dipilih Warga

Sebagai informasi, jajak pendapat ini dilakukan secara hybrid (melalui kuesioner digital dan sambungan digital) pada periode 23 September sampai 26 September 2022.

Rinciannya, sebanyak 400 responden diwawancarai melalui sambungan telepon dan 1.000 orang lewat kuesioner digital.

Hasil survei memiliki tingkat kepercayaan mencapai 95 persen dengan margin error di kisaran 2,9 persen.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved