Tergusur Proyek LRT Jabodetabek, Gubernur Anies Baswedan Relokasi Tugu 66 ke Taman Menteng

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merelokasi Tugu 66 yang sebelumnya berada di Jalan Rasuna Said, Setiabudi, Jakarta Selatan ke Taman Menteng.

Dionisius Arya Bima suci / TribunJakarta.com
Relokasi Tugu 66 di kawasan Taman Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (5/10/2022). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, MENTENG - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merelokasi Tugu 66 yang sebelumnya berada di kawasan Jalan Rasuna Said, Setiabudi, Jakarta Selatan ke Taman Menteng, Jakarta Pusat.

Relokasi terhadap monumen peringatan peristiwa tiga tuntutan rakyat (tritura) itu dilakukan lantaran adanya proyek pembangunan LRT Jabodetabek yang tengah dilakukan pemerintah pusat.

Tiang-tiang beton proyek LRT yang ada di sekitar kawasan Jalan Rasuna Said itu pun kemudian menutup sebagian bangunan monumen.

Oleh sebab itu, Gubernur Anies Baswedan memutuskan untuk memindahkannya ke Taman Menteng, Jakarta Pusat.

"Pada saat itu ada proses konstruksi sehingga kehadirannya sebagai monumen berkurang efektivitasnya. Padahal, monumen itu salah satu tugasnya memberikan kepada kita peringatan," ucapnya di Taman Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (5/10/2022).

Baca juga: Usai Anies Baswedan Jadi Capres 2024, Gelombang Kader NasDem Mengundurkan Diri Terus Bertambah

"Ada sebuah bangunan yang bisa kita bisa lihat lalu kita teringat. Nah itu permasalahan (tertutup proyek LRT)," sambungnya.

Orang nomor satu di Jakarta ini menyebut, proses relokasi monumen tersebut tak mudah, butuh waktu panjang sehingga tugu 66 bisa berdiri kokoh di lokasi baru.

"Di Pemerintahan, memang proses itu mengikuti seluruh prosedur, serta bertahap. Kemudian, proses panjang itu Alhamdulillah akhirnya tuntas dan sudah terelokasi di sini," ujarnya.

Di samping itu, Gubernur Anies juga mengapresasi inisiasi almarhum Fahmi Idris yang menyarankan Pemprov DKI untuk memindahkan tugu tersebut ke lokasi baru yang lebih layak.

Kemudian, dipilih Taman Menteng sebagai titik baru penempatan Monumen Tritura (Tiga Tuntutan Rakyat) atau Tugu 66

Anies pun mengapresiasi seluruh jajarannya yang terlibat dalam proses relokasi ini, mulai dari jajaran Dinas Kebudayaan, Dinas Pertamanan dan Hutan Kota, serta Dinas Bina Marga.

"Atas kerja sama berbagai pihak, pemindahan Tugu 66 dari Jalan Rasuna Said ke Taman Menteng berhasil direalisasikan. Terima kasih kepada semua yang terlibat selama ini bekerja bersama dengan kami di Pemprov untuk menuntaskannya," kata Anies.

Gubernur Anies berharap dengan adanya lokasi baru tempat Tugu ini berdiri, akan memudahkan siapapun untuk melihat bagian dari sejarah perjalanan Republik Indonesia, sembari menikmati keindahan ruang ketiga di pusat Kota Jakarta yakni Taman Menteng.

"Dengan berada di tempat ini, maka orang berjalan kaki mampir, anak-anak mampir dan biarkan nanti keluarga-keluarga yang membawa anak-anaknya membaca kisah ini (yang tertulis di tugu tersebut)," tuturnya.

"Mereka akan terinspirasi dengan mengatakan bahwa ada sebuah masa di mana anak-anak muda tak pilih menonton, tak pilih diam, tapi memilih bergerak dan melakukan perubahan (pada tahun 1966)," sambungnya.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved