Tragedi Kanjuruhan 1 Oktober 2022 

Tragedi Kanjuruhan Berbuntut Panjang, Babak 8 Besar Liga 3 Jawa Barat di Stadion Patriot Ditunda

Putaran delapan besar Liga 3 di Stadion Patriot Candrabhaga diundur sampai batas waktu belum ditentukan imbas tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Penulis: Yusuf Bachtiar | Editor: Wahyu Septiana
ISTIMEWA
Pertandingan Persipasi Bekasi vs Citeureup Raya di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Jumat (30/9/2022). Putaran delapan besar Liga 3 di Stadion Patriot Candrabhaga diundur sampai batas waktu belum ditentukan imbas tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com Yusuf Bachtiar 

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Asosiasi Kota (Askot) PSSI Kota Bekasi memastikan, putaran delapan besar Liga 3 di Stadion Patriot Candrabhaga diundur sampai batas waktu belum ditentukan. 

Ketua Askot Bekasi Muhammad AR mengatakan, jadwal pertandingan putaran delapan besar Liga 3 Jawa Barat sedianya digelar 7-16 Oktober 2022.

"Sehubungan dengan surat edaran untuk sementara, Liga 1,2, dan 3  dihentikan sementara sampai batas waktu yang belum ditentukan," kata Muhammad AR, Rabu (5/10/2022).

Dia menjelaskan, persiapan putaran delapan besar Liga 3 sudah cukup matang.

Klub peserta dan Askot Bekasi telah menggelar rapat dengan Asprov Jawa Barat.

Baca juga: Tragedi Kanjuruhan, Suporter Persipasi Bekasi Kecam Penggunaan Gas Air Mata di Stadion

Tragedi di Kanjuruhan Malang rupanya berdampak pada jadwal Liga 3, sehingga Askot Bekasi wajib mematuhi keputusan yang ada. 

"Hari ini belum berupa surat, surat resminya belum ada (terkait penghentian liga), baru dari WA (whatsapp) saja," jelas dia.

Pertandingan Persipasi Bekasi vs Citeureup Raya di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Jumat (30/9/2022).
Pertandingan Persipasi Bekasi vs Citeureup Raya di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Jumat (30/9/2022). (ISTIMEWA)

Dikutip Tribun-Timur.com, tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang berbuntut panjang hingga dihentikannya Liga 1, Liga 2 dan Liga 3

Hal ini disampaikan disampaikan Menko Polhukam sekaligus Ketua Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Mahfud MD. 

Keputusan yang diambil TGIPF tersebut berdasarkan keputusan rapat perdana TGIPF pada Selasa (4/10/2022). 

Penghentian gelaran Liga 1 hingga Liga 3 telah disetujui oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali. 

"TGIPF ini tadi juga menekankan dan disetujui oleh Menpora yang berpayung PSSI terutama Liga 1, 2, dan 3 supaya dihentikan," ujarnya dalam konferensi pers yang ditayangkan di YouTube Kemenko Polhukam RI. 

Mahfud mengungkapkan Liga 1 hingga Liga 3 dapat diselenggarakan kembali ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan adanya normalisasi.

Gas air mata mengepung tribun penonton pascalaga Arema Vs Persebaya dalam lanjutan Liga 1 2022 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/10/2022) malam. Akibat kerusuhan itu, sekitar 129 orang meninggal dunia dan puluhan dirawat di berbagai rumah sakit di Kabupaten Malang, Kota Malang dan sekitarnya.
Gas air mata mengepung tribun penonton pascalaga Arema Vs Persebaya dalam lanjutan Liga 1 2022 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/10/2022) malam. Akibat kerusuhan itu, sekitar 129 orang meninggal dunia dan puluhan dirawat di berbagai rumah sakit di Kabupaten Malang, Kota Malang dan sekitarnya. (Istimewa)

Normalisasi tersebut, kata Mahfud, juga menunggu hasil rekomendasi dari TGIPF. 

"Sampai Presiden menyatakan bisa dinormalisasi setelah tim ini (TGIPF) menyampaikan rekomendasinya seperti apa normalisasi itu harus dilanjutkan," katanya. 

Lebih lanjut, Mahfud mengungkapkan TGIPF berupaya untuk melaporkan hasil kerja ke Jokowi dalam waktu tiga pekan. 

"Insya Allah dalam tiga minggu tim ini sudah dapat menyampaikan hasil kerjanya kepada Presiden, dan diharapkan bisa lebih cepat dari target itu," tuturnya.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved