Anggap Deklarasi Capres 2024 Terlalu Dini, Fahri Hamzah: Setahun Pertarungan Kosong yang Melelahkan

Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah menilai, deklarasi calon presiden 2024 oleh partai politik, memicu pembelahan di masyarakat.

Pebby Ade Liana/TribunJakarta.com
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswesan dideklarasikan sebagai calon Presiden 2024 oleh Partai NasDem, Senin (3/10/2022). 

TRIBUNJAKARTA.COM  - Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah menilai, deklarasi calon presiden 2024 oleh partai politik, memicu pembelahan di masyarakat, salah satunya politik identitas.

Padahal, kata Fahri Hamzah, jadwal pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden di Pilpres 2024 masih setahun lagi, yakbi baru dibuka pada 2023.

"Saat ini akibat adanya deklarasi-deklarasi pencapresan, mengakibatkan terjadi pembelahan di awal."

"Politik identitas dan polarisasi di masyarakat mulai marak lagi," kata Fahri, Selasa (11/10/2022).

Berdasarkan jadwal, lanjut Fahri, pencalonan presiden dan wakil presiden baru akan dilakukan pada 19 Oktober hingga 25 November 2023.

Baca juga: Cerita Balik Layar Anies Baswedan Jadi DKI 1, Peran Pengusaha dan Politikus Senior

"Jadi semestinya, yang dibicarakan terlebih dahulu adalah masalah dan ancaman terhadap bangsa. Setelah matang dibicarakan, baru memunculkan calonnya."

"Namun yang terjadi saat ini adalah calon presiden duluan yang bermunculan. Calon presiden tersebut, sebagai besar minim ide," tutur Fahri.

Dengan menampilkan banyak capres oleh elite politik saat ini, menurut Fahri yang kasihan adalah rakyat.

Bahkan, Fahri mengibaratkan seperti sudah pilpres, tapi terlalu dini dan belum waktunya, sehingga yang muncul adalah pertarungan kosong alias 'pepesan kosong.'

Baca juga: Anies Tinjau Skywalk Stasiun MRT Lebak Bulus-Mal Point Square, Target Beropasi Desember 2022

"Para pimpinan negara mungkin sebelum tidur lagi, coba sedikit memikirkan akibat pilpres yang terlalu dini tanpa kejelasan ini."

"Setahun pertarungan kosong yang melelahkan. Pileg juga jadi kosong tidak relevan. Kasihan rakyat terbelah sebelum waktunya dalam bahaya," paparnya. (Chaerul Umam)


Artikel ini telah tayang di WartaKotalive.com dengan judul Deklarasi Dini Capres 2024, Fahri Hamzah: Kasihan Rakyat, Terbelah Sebelum Waktunya.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved