Rumah Bedeng Dekat JIS Dibongkar, Pemprov DKI Gandeng KAI Urus Nasib Warga

Pemprov DKI Jakarta gandeng PT KAI urusi nasib warga sekitar JIS yang rumah bedengnya di sepanjang rel dibongkar, Rabu (12/10/2022).

TribunJakarta.com/Gerald Leonardo Agustino
Suasana rumah bedeng di sepanjang rel dekat Jakarta International Stadium (JIS), Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (23/1/2022). Pemprov DKI Jakarta gandeng PT KAI urusi nasib warga sekitar JIS yang rumah bedengnya di sepanjang rel dibongkar, Rabu (12/10/2022). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Pemprov DKI Jakarta bakal berkoordinasi dengan PT KAI terkait nasib warga yang tinggal di rumah bedeng di sepanjang rel kereta dekat Jakarta International Stadium (JIS), Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Pasalnya, ratusan rumah tersebut telah dibongkar oleh pihak PT KAI pada Selasa (11/10/2022) kemarin.

"Yang menertibkan kan itu bukan Pemprov, itu dari KAI. nanti kita diskusikan dengan KAI punya solusi apa, KAI kan tentu tidak asal menertibkan. KAI tentu punya solusi, program-program terhadap warga yang ditertibkan. apakah ada (uang) kerohiman, bantuan, atau dicari solusi penggantinya, nanti kita koordinasikan," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI, Selasa (11/10/2022) malam.

Langkah ini diambil untuk menghadirkan solusi terbaik bagi para warga tersebut.

Sehingga komunikasi lanjutan bakal dijalin Pemprov DKI dengan PT KAI.

"Bukan direlokasi. Prinsipnya, kita ini Pemprov memberi perhatian bagi seluruh warga yang ada di Jakarta, termasuk warga-warga yang di pemukiman padat, kumuh, dan juga warga-warga yang kena program normalisasi, naturalisasi. Kita akan carikan tempat yang terbaik. tntu ada syarat dan mekanisme yang harus dipenuhi," pungkasnya.

Baca juga: PT KAI Bakal Bangun Stasiun JIS usai Pembongkaran Rumah Bedeng Rampung 

Diwartakan sebelumnya, ratusan petugas dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) didampingi unsur Tiga Pilar Jakarta Utara membongkar rumah bedeng di sepanjang rel kereta dekat Jakarta International Stadium (JIS), Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (11/10/2022).

Pembongkaran dilakukan terhadap ratusan bangunan liar yang selama ini dijadikan sebagai tempat tinggal maupun usaha bagi warga setempat.

Berdasarkan pantauan TribunJakarta.com di lokasi, pembongkaran dominan dilakukan petugas PT KAI.

Ratusan petugas dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) didampingi unsur Tiga Pilar Jakarta Utara membongkar rumah bedeng di sepanjang rel kereta dekat Jakarta International Stadium (JIS), Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (11/10/2022).
Ratusan petugas dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) didampingi unsur Tiga Pilar Jakarta Utara membongkar rumah bedeng di sepanjang rel kereta dekat Jakarta International Stadium (JIS), Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (11/10/2022). (Gerald Leonardo Agustino/TribunJakarta.com)

Petugas terpantau membongkar bangunan dengan tangan kosong maupun alat seadanya seperti bambu panjang.

Dengan bambu tersebut, petugas memukuli material kayu yang menjadi pondasi bangunan semi permanen di lokasi.

Selain bangunan yang berada langsung di pinggir rel, petugas juga membongkar bedeng-bedeng di bawah rel kereta.

Ada dua area yang menjadi sasaran petugas dalam pembongkaran hari ini, yaitu kawasan Kampung Bayam yang berdekatan langsung dengan JIS dan Kampung Bambu di seberangnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved