Tak Singgung Tragedi Kanjuruhan, Jokowi Bicara Ferdy Sambo di Depan Pejabat Polisi Se-Indonesia

Presiden Jokowi mengumpulkan ratusan pejabat polisi dari tingkat Kapolres, Kapolda hingga pejabat tinggi Mabes di Istana Negara.

Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi memberikan arahan kepada pejabat polisi di Istana Negara, Jumat (15/10/2022). 

TRIBUNJAKARTA.COM - Presiden Jokowi mengumpulkan ratusan pejabat polisi dari tingkat Kapolres, Kapolda hingga pejabat tinggi Mabes di Istana Negara, Jakarta, pada Jumat (14/10/2022).

Kendati pemanggilan para petinggi Polri itu terjadi di tengah suasana duka meninggalnya 132 nyawa Tragedi Kanjuruhan, namun isu tersebut tidak disinggung sama sekali.

Sejak awal, Jokowi langsung menitikberatkan arahannya tentang kondisi kepercayaan masyarakat terhadap Polri yang terjun bebas.

Setelah mengapresiasi Polri tentang kinerjanya dalam vaksinasi Covid-19 di masa pandemi, Jokowi berubah masam saat bicara soal Ferdy Sambo.

Menurut orang nomor satu di Indonesia itu, Polri sempat menyandang institusi hukum paling dipercaya masyarakat.

Baca juga: Teddy Minahasa Bilang ke Teman Hendak ke Istana Diundang Jokowi, Ternyata Dibekuk Institusi Sendiri

Hal itu saat Korps Bhayangkara terjun langsung membantu masyarakat kala pandemi Covid-19.

Namun citra baik Polri dirusak oleh kasus Ferdy Sambo.

Polisi yang saat itu menjabat Kadiv Propam dengan pangkat Irjen, namun tega menghabisi nyawa ajudannya sendiri, Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

"Pertama-tama Saya ingin menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang tinggi atas kerja keras Polri beserta seluruh jajaran TNI, jajaran pemerintah dan seluruh komponen masyarakat dalam menangani covid."

"itu dilihat masyarakat, dan itu juga saya lihat dan saya rasakan, kerja keras itu. Dan hasilnya juga sangat signifikan. Sampai hari ini, yang mendorong paling kuat memang dari Polri, telah 440 juta dosis vaksin yang telah disuntikkan kepada masyarakat dan hasilnya pandemi covid mereda, dan hasilnya ekonomi kita bisa tumbuh 5,44 persen dan hasilnya indeks kepercayaan masyarakat juga menempatkan Polri di puncak teratas pada saat itu."

Presiden Jokowi memberikan arahan kepada pejabat polisi di Istana Negara, Jumat (15/10/2022). (1)
Presiden Jokowi memberikan arahan kepada pejabat polisi di Istana Negara, Jumat (15/10/2022). (1)

"Tetapi begitu ada peristiwa FS (Ferdy Sambo) runyam semuanya dan jatuh ke angka yang paling rendah," kata Jokowi kepada pejabat polisi yang videonya diunggah Youtube Sekretariat Presiden, Sabtu (15/10/2022).

Jokowi menekankan, Polri harus bisa meraih kepercayaan masyarakat kembali.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, bersama jajaran Mabes Polri dan para Kapolda serta Kapolres terlihat menyimak dan mencatat.

"Dulu, dibandingkan institusi-institusi hukum yang lain tertinggi sekarang, saudara-saudara tahu, menjadi terendah."

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved