Tiga Jalan dan Empat RT di Jaksel Tergenang Banjir

Sebanyak tiga ruas jalan dan empat RT di Jakarta Selatan terendam banjir pada Kamis (3/11/2022) sore, pasca-hujan lebat.

TRIBUNJAKARTA.COM/Satrio Sarwo Trengginas
Ilustrasi banjir di Jalan Kemang Raya, Kelurahan Bangka, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan - Jalan Kemang Raya jadi satu dari empat jalan di Jakarta Selatan yang tergenang banjir pada Kamis (3/11/2022) petang pasca-hujan lebat.  

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Sebanyak tiga ruas jalan dan empat RT di Jakarta Selatan terendam banjir pada Kamis (3/11/2022) sore, pasca-hujan lebat.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Isnawa Adji mengatakan data ini berdasarkan laporan yang diterbitkan pada pukul 15.00 WIB.

"Berdasarkan info peringatan dini cuaca Jabodetabek yang dikeluarkan oleh BMKG Pukul 13:55 WIB, terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. BPBD mencatat saat ini terdapat 3 ruas jalan tergenang dan 4 RT atau 0,013 persen dari 30.470 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta," katanya dalam keterangan tertulis.

Sejauh ini, BPBD DKI Jakarta tidak menerima adanya laporan pengungsi .

Namun, pihaknya tetap mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dan mengkoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama dengan para lurah dan camat setempat.

"BPBD DKI mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan. Dalam keadaan darurat, segera hubungi nomor telepon 112. Layanan ini gratis dan beroperasi selama 24 jam non-stop," lanjutnya.

Baca juga: Normalisasi Sungai Diklaim Ampuh Atasi Banjir DKI, Heru Budi Minta Pembebasan Dikebut: Cepat Surut

Adapun data wilayah terdampak banjir sebagai berikut:

Jakarta Selatan terdapat 4 RT yang terdiri dari:
Kel. Duren Tiga
- Jumlah: 4 RT
- Ketinggian: 70 cm
- Penyebab: Curah Hujan Tinggi dan Luapan Kali Mampang

Jalan Tergenang terdapat 3 ruas jalan:

1. Jalan Kemang Raya, Kel. Bangka, Kec. Mampang
Ketinggian: 40 cm

2. Jalan Kemang Utara IX, Kel. Bangka, Kec. Mampang
Ketinggian: 80 cm

3. Jalan Wijaya Timur Raya, Kel. Petogogan, Kec. Kebayoran Baru
Ketinggian: 40 cm

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved