Dinas LH DKI Jakarta: Debu Batu Bara di Marunda Bukan dari PT KCN

Debu batu bara yang mencemari Marunda, Cilincing, Jakarta Utara beberapa waktu terakhir ini tidak berasal dari PT Karya Citra Nusantara (KCN).

Istimewa
Debu batu bara kembali mencemari permukiman warga di wilayah Marunda, Cilincing, Jakarta Utara - Debu batu bara yang mencemari Marunda, Cilincing, Jakarta Utara beberapa waktu terakhir ini tidak berasal dari PT Karya Citra Nusantara (KCN). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mengklaim debu batu bara yang mencemari Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Marunda, Cilincing, Jakarta Utara beberapa waktu terakhir ini tidak berasal dari PT Karya Citra Nusantara (KCN).

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto di kawasan Jakarta Pusat usai kerja bakti gabungan di Kali Ciliwung pada Kamis (10/11/2022).

"Bahwa di sekitar Marunda masih banyak sekali industri yang menggunakan batu bara, baik sebagai bahan bakar maupun bongkar mutnya sehingga kalau dari KCN sendiri bisa kita pastikan di sana tidak ada bongkar-bongkar muat lagi," katanya di lokasi.

Saat ini, Dinas DLH DKI tengah melakukan kordinasi dengan Kenterian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk menelusuri sumber pencemaran di wilayah tersebut.

Guna mendukung hal ini, DLH DKI telah melakukan pemasangan stasiun kualitas udara di Marunda pada pekan lalu.

Baca juga: Imbas Kebijakan Anies Baswedan, Heru Budi Hartono Didemo Pekerja Pelabuhan KCN di Balai Kota

"Saya juga sudah menugaskan tim saya sebgai tindak lanjut dari sanksi KCN untuk dapat melihat memantau pabrik-pabrik dan industri mana lagi yang masih mencemari dengan batu bara."

"Saat ini karena memang kita sedang melakukan evaluasi terhadap kondisi cuaca di Marunda, kondisi pencemaran di Marunda. Ini kami sedang menempatkan stasiun pemantauan kualitas udara di sana," pungkasnya.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved