Imbas Pohon Sekitar Balai Kota Tumbang Jatuhkan Korban, Heru Budi Hartono Kasih Tugas Distamhut

Heru Budi Hartono instruksikan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta untuk melakukan pengecekan dan topping pohon.

TRIBUNJAKARTA.COM/NUR INDAH FARRAH AUDINA
Suasana terkini di Halaman Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (11/11/2022). pohon tumbang sudah dibenahi dari lokasi tersebut. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono instruksikan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta (Distamhut) untuk melakukan pengecekan dan topping pohon-pohon di Balai Kota DKI Jakarta.

Topping merupakan pemangkasan pucuk atau ranting pohon .

Instruksi atau arahan ini menyusul peristiwa pohon tumbang terjadi sekira pukul 16.40 WIB saat kompleks Balai Kota dilanda hujan deras disertai angin kencang, Kamis (10/11/2022).

Parahnya, enam orang mengalami luka dan dua di antaranya menderita luka berat akibat kejadian ini.

"Sudah diperintahkan tadi pagi kepada Dinas Taman. Sudah diperintah kan untuk mengecek ke semua pohon sekitar Balai Kota dan memerintahkan Dinas Taman untuk topping semua pohon," katanya saat dihubungi, Jumat (11/11/2022).

Baca juga: UPDATE Pohon Tumbang di Balai Kota: Korban Bertambah jadi 6 Orang, 2 Luka Berat

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta, Suzi Marsitawati mengklaim topping pohon dilakukan secara rutin.

Kata dia, topping pohon pasti dilakukan pada pohon berusia tua melalui petugas Distamhut di wilayah Jakarta.

Penopingan dilakukan secara rutin terutama terhadap pohon tua/ rimbun. Dilaksanakan oleh Dinas dan suku Dinas di 5 wilayah kota.

Sebagai informasi, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Isnawa Adji menuturkan, kondisi cuaca ekstrem diperkirakan masih akan berlangsung hingga akhir tahun 2022.

Sementara untuk puncaknya diperkirakan akan terjadi pada bulan Januari sampai Februari 2023, dan dalam kurun waktu seminggu terakhir telah terjadi beberapa kejadian pohon tumbang.

Pohon tumbang di Balai Kota Jakarta, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (10/11/2022).
Pohon tumbang di Balai Kota Jakarta, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (10/11/2022). (Dionisius Arya Bima Suci/TribunJakarta.com)

Sekiranya ada 24 kejadian pohon tumbang di Jakarta dalam kurun waktu 3-9 November 2022.

"Menurut data Pusdatin Kebencanaan BPBD DKI, terjadi sebanyak 24 kejadian pohon tumbang dengan rincian, Jakarta Selatan sebanyak 23 kejadian dan Jakarta Utara sebanyak 1 kejadian dalam kurun waktu 3-9 November 2022. Pada Kamis (10/11) sore kemarin juga terjadi pohon tumbang di halaman Balai Kota akibat hujan yang disertai angin kencang," katanya.

Pohon Sudah Lapuk

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved