Breaking News:

Formula E

Singgung Anies Baswedan, Gilbert PDIP Wanti-wanti Gelaran Formula E 2023 Harus Transparan

Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDIP Gilbert Simanjuntak mewanti-wanti penyelenggara terkait gelaran Formula E 2023. Ia singgung Anies Baswedan.

Kompas.com dan Bastien Roux / DPPI Bastien Roux / DPPI melalui AFP
Kolase Foto Politisi PDIP Gilbert Simanjuntak dan Formula E. Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDIP Gilbert Simanjuntak mewanti-wanti penyelenggara terkait gelaran Formula E 2023. Ia singgung Anies Baswedan. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDI Perjuangan Gilbert Simanjuntak mewanti-wanti penyelenggara terkait gelaran Formula E 2023.

Ia berharap kejadian di era Gubernur Anies Baswedan tak terulang. Sehingga ada transparansi, khususnya soal rencana gelaran ajang balap mobil listrik berstandar Internasional ini di masa kepemimpinan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono.

"Hingga Anies selesai jabatannya, Formula E tidak bisa diaudit. Alasan yang dikemukakan adalah tidak ada Kantor Akuntan publik yang mau. Artinya, besaran kerugian pelaksanaan balapan Formula E 2022 tanpa data yang terungkap. Rencana balapan untuk 2023 menjadi tidak bijaksana, karena alasan pelaksanaan tidak dibuka ke publik. Kalau untung, tentunya masuk akal untuk dilangsungkan. Tetapi apakah karena commitment fee sudah terlanjur dibayar, sehingga secara hukum harus dilaksanakan walau pun rugi, tidak jelas. Kalau itu yang menjadi alasan, sebaiknya dibuka ke publik," ucapnya dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (11/11/2022).

Tak sampai di situ, politisi PDI-Perjuangan inu menyebut penyelenggaraan Formula E di era Gubernur Anies Baswedan sebagai bukti dari buruknya pengelolaan DKI.

Apalagi hasil audit laporan keuangan Jakarta E-Prix 2022 atau Formula E ini belum jua terpublikasi, dengan alasan masih diaudit oleh lembaga independen atau Kantor Akuntan Publik (KAP) yang belum disebutkan.

Baca juga: PSI Minta Heru Budi Ikut Tanggung Jawab Pelaksanaan Formula E Warisan Anies Baswedan

"Penting untuk disadari, bahwa perhelatan Formula E menunjukkan buruknya pengelolaan DKI era Anies. Good corporate governance ada di titik terendah, dan tanpa pertanggungjawaban. Perilaku seperti ini sebaiknya tidak dilanjutkan oleh Manajemen Jakpro, dan Pemprov di tahun berikutnya," lanjutnya.

Kata PSI

Sementara itu, Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta meminta Heru Budi Hartono untuk ikut bertanggung jawab soal penyelenggaraan Formula E.

Hal ini disampaikan anggota Fraksi PSI DPRD DKI Idris Ahmad saat rapat paripurna penyampaian pandangan fraksi terhadap Raperda APBD DKI tahun 2023.

"Masalah yang ingin kami angkat dan terus kami perjuangan dari awal Fraksi PSI adalah meminta kejelasan terkait pertanggungjawaban pelaksanaan Formula E," ucap anggota Fraksi PSI DPRD DKI Idris Ahmad, Rabu (9/11/2022).

Tanggung jawab yang dimaksud PSI ialah soal transparansi anggaran terkait penyelenggaraan balap mobil bertenaga listrik itu.

25 VERGNE Jean-Eric (fra), DS Techeetah, DS E-Tense FE21, 48 MORTARA Edoardo (swi), ROKiT Venturi Racing, Mercedes-EQ Silver Arrow 02, 09 EVANS Mitch (nzl), Jaguar TCS Racing, Jaguar I- Tipe 5, aksi pada Jakarta ePrix 2022, pertemuan ke-6 Kejuaraan Dunia Formula E ABB FIA 2021-22, di Sirkuit e-Prix Internasional Jakarta dari 2 hingga 4 Juni, di Jakarta -
25 VERGNE Jean-Eric (fra), DS Techeetah, DS E-Tense FE21, 48 MORTARA Edoardo (swi), ROKiT Venturi Racing, Mercedes-EQ Silver Arrow 02, 09 EVANS Mitch (nzl), Jaguar TCS Racing, Jaguar I- Tipe 5, aksi pada Jakarta ePrix 2022, pertemuan ke-6 Kejuaraan Dunia Formula E ABB FIA 2021-22, di Sirkuit e-Prix Internasional Jakarta dari 2 hingga 4 Juni, di Jakarta - (Foto Bastien Roux / DPPI Bastien Roux / DPPI melalui AFP)

Ia pun menyinggung soal dana Rp560 miliar yang sudah digelontor dari APBD DKI untuk membayar uang komitmen atau commitment fee Formula E.

Politikus muda ini pun turut memahami bahwa Jakarta E-Prix merupakan program yang dirancang dan dilaksanakan di era Gubernur Anies Baswedan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved