UT Jakarta Siap Menyongsong Era Smart Society 5.0

Universitas Terbuka sedang mengembangkan perkuliahan online yang tidak hanya sekedar pembelajaran melalui sistem e-learning, tetapi di dunia metaverse

Editor: Wahyu Septiana
Dok Universitas Terbuka
Universitas Terbuka Jakarta (UT Jakarta) menyelenggarakan acara Seminar Pendidikan yang digelar di Gedung Universitas Terbuka Convention Center (UTCC), Pondok Cabe, Jakarta, Selasa (15/11/2022). Universitas Terbuka sedang mengembangkan perkuliahan online yang tidak hanya sekedar pembelajaran melalui sistem e-learning, tetapi di dunia metaverse 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Universitas Terbuka Jakarta (UT Jakarta) menyelenggarakan acara Seminar Pendidikan yang digelar di Gedung Universitas Terbuka Convention Center (UTCC), Pondok Cabe, Jakarta, Selasa (15/11/2022).

Seminar pendidikan bertemakan “Bangkitkan Potensi Diri dan Mindset Enterpreneur dalam Menyongsong Smart Society 5.0”, ini dihadiri sekitar 1142 orang undangan.

Turut hadir Direktur UT Jakarta, Edward Zubir, serta Bayu Oktara, alumni Universitas Terbuka Jakarta.

Acara ini merupakan bentuk rangkaian kegiatan wisuda daerah UT Jakarta yang akan diselenggarakan 16 November 2022.

Seminar ini dibuka oleh Edward Zubir, Direktur Universitas Terbuka Jakarta, dilanjutkan seminar yang dimoderatori oleh Gesmy Sitanggang, dan pemaparan materi oleh Bayu Oktara.

Sesi terakhir berupa sosialisasi program Ikatan Alumni Universitas Terbuka Jakarta (IKA UT Jakarta).

Diketahui, era smart Society 5.0 merupakan era yang menitikberatkan manusia sebagai penggerak dan pengembang teknologi paling utama.

Baca juga: UT Jakarta Jadi Primadona Masyarakat, Sistem Perkuliahan Jarak Jauh Jadi Keunggulan

Seluruh elemen masyarakat, terutama lembaga pendidikan harus mempersiapkan generasi bangsa untuk siap menyongsong smart Society 5.0.

Salah satu yang sudah selangkah lebih maju dalam mempersiapkan hal tersebut adalah Universitas Terbuka.

Ketika dunia menggaungkan tentang digitalisasi, lembaga pendidikan ini sudah lama menerapkan pembelajaran jarak jauh menggunakan teknologi digital/ internet sebagai media utama pembelajaran.

Di era smart society 5.0, semua aktivitas manusia, kuliah, kerja, pameran, konser, perdagangan dan usaha serta aktivitas sosial lainnya, tidak memiliki batasan serta kendala jarak dan waktu.

Logo Universitas Terbuka
Logo Universitas Terbuka (ww.ut.ac.id)

Semua bisa dilakukan dalam dunia metaverse.

Universitas Terbuka juga sedang mengembangkan perkuliahan online yang tidak hanya sekedar pembelajaran melalui sistem e-learning, tetapi juga pembelajaran di dunia metaverse di masa depan.

“Peran dunia pendidikan memang sangat penting dalam mempersiapkan generasi bangsa menuju smart society 5," kata Bayu Oktara.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved