Ajudan Jenderal Ferdy Sambo Ditembak

Ricky Rizal Akui Transfer Rp 200 Juta dari Rekening Brigadir J Atas Perintah Putri Candrawathi

Ricky Rizal mengakui transfer Rp 200 juta dari rekening Brigadir J atas perintah istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi.

Tangkapan Layar Kompas TV
Terdakwa Ricky Rizal dalam sidang perkara pembunuhan berencana di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (21/11/2022). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Annas Furqon Hakim

TRIBUNJAKARTA.COM, PASAR MINGGU - Terdakwa Ricky Rizal tak menampik soal transaksi di rekeningnya setelah peristiwa penembakan yang menewaskan Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Ricky mengakui rekening itu adalah miliknya.

Namun, uang yang ada di rekening tersebut digunakan untuk keperluan rumah Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi di Magelang, Jawa Tengah.

Hal itu disampaikan Ricky saat menanggapi pegawai Bank BNI Anita Amalia Dwi yang dihadirkan dalam sidang perkara pembunuhan berencana di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (21/11/2022).

"Untuk rekening saya, saya akui saya ikut Pak FS dan Bu Putri sejak Februari 2021. Pembukaan rekening telah disampaikan dari bulan Maret memang atas nama saya, tetapi untuk keperluan rumah tangga di Magelang," kata Ricky.

Baca juga: Tiga Hari Usai Brigadir J Tewas, Terungkap Ada Pemindahan Rp200 Juta dari Rekeningnya ke Bripka RR

Ia juga tak membantah ada transaksi masuk dari rekening Brigadir J dengan nominal sebesar Rp 200 juta.

Ricky mengaku mentransfer uang tersebut atas perintah Putri Candrawathi.

"Benar untuk pemindahan rekening atas nama Yosua. Yang setahu saya memang rekening atas nama Yosua itu juga untuk keperluan rumah tangga di Jakarta yang saya lalukan atas perintah Bu Putri Sambo, karena yang bersangkutan telah almarhum," ungkapnya.

Sebelumnya, saksi Anita Amalia Dwi mengungkap transaksi di rekening Ricky Rizal setelah peristiwa penembakan yang menewaskan Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Anita merupakan pegawai Bank BNI yang dihadirkan dalam sidang perkara pembunuhan berencana dengan terdakwa Richard Eliezer atau Bharada E, Kuat Maruf, dan Ricky Rizal di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (21/11/2022).

Di hari tewasnya Brigadir J pada 8 Juli 2022, Anita menyebut ada transaksi keluar dari rekening Ricky Rizal.

"Uang keluar hanya dipakai untuk pembayaran PDAM, Telkomsel, lalu pembayaran PLN, Indosat, pembelian Shopee, agak banyak yang mulia," kata Anita dalam kesaksiannya.

Menurut Anita, nominal yang dikeluarkan dari rekening Ricky Rizal tidak banyak.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved