Ayah Bunuh Anak di Depok

Polisi dan Jaksa Terapkan Pasal Pembunuhan kepada Tersangka Ayah Bunuh Anak di Depok, Ini Alasannya

Jaksa Alfa Dera mengatakan, pelaku lebih dulu menganiaya sang istri. Saat itu, sang anak yang melihat penganiayaan tersebut kabur melarikan diri.

TribunJakarta.com/Dwi Putra Kesuma
Tersangka Rizky Noviyandi Achmad alias RNA (31) saat menjalani rekonstruksi kasus ayah bunuh anak di Depok dan percobaan pembunuhan istrinya di lokasi kejadian, rumah pelaku di Klaster Pondok Jatijajar, Tapos, Kota Depok, Kamis (24/11/2022).  

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dwi Putra Kesuma

TRIBUNJAKARTA.COM, TAPOS - Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejaksaan Negeri Depok, Alfa Dera, mengungkapkan alasan pihaknya bersama kepolisian menerapkan Pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana terhadap Rizky Noviyandi Achmad alias RNA (31), ayah yang bunuh anak di Depok dan aniaya istri.

Untuk diketahui, RNA merupakan pelaku pembantaian sadis satu keluarga di Kota Depok.

Ia nekat menghabisi nyawa putri kandungnya sendiri berinisial KPC (11), dan menganiaya sang istri NI (11) hingga kritis, setelah emosi karena akan dicerai.

Rekonstruksi kasus ayah bunuh anak di Depok ini pun digelar di lokasi kejadian, yakni rumah pelaku di Klaster Pondok Jatijajar, Tapos, Kota Depok, Kamis (24/11/2022) siang.

Usai rekonstruksi, Alfa Dera mengatakan pihaknya mendapat unsur perencanaan yang dilakukan oleh pelaku.

"Kami bersama penyidik Polres Metro Depok menerapkan Pasal 340 KUHP, karena pada saat reka adegan terlihat ada unsur perencanaan ada tenggang waktu yg cukup terdakwa melakukan pembunuhan," kata Alfa di lokasi kejadian, Kamis (24/11/2022).

Baca juga: Rekonstruksi Pembunuhan Keluarga di Depok: Pelaku Masih hajar Korban yang Tak Bernyawa

Jaksa Alfa Dera mengatakan, pelaku lebih dulu menganiaya sang istri. Saat itu, sang anak yang melihat penganiayaan tersebut kabur melarikan diri.

"Selesai membacok istrinya, korban yang meninggal dunia dikejar terdakwa dan dibacok juga. Setelah ia kembali ke istrinya yang sudah terluka," bebernya.

"Setelahnya mendatangi sang istri, dia kembali ke anaknya yang sudah tergeletak dan kembali dilakukan pembacokan.
Dari itu maka penyidik menetapkan Pasal 340 KUHP," pungkasnya.

Tersangka Rizky Noviyandi Achmad alias RNA (31) memeluk seorang pria di sela menjalani rekonstruksi kasus ayah bunuh anak di Depok dan percobaan pembunuhan istrinya di lokasi kejadian, rumah pelaku di Klaster Pondok Jatijajar, Tapos, Kota Depok, Kamis (24/11/2022). 
Tersangka Rizky Noviyandi Achmad alias RNA (31) memeluk seorang pria di sela menjalani rekonstruksi kasus ayah bunuh anak di Depok dan percobaan pembunuhan istrinya di lokasi kejadian, rumah pelaku di Klaster Pondok Jatijajar, Tapos, Kota Depok, Kamis (24/11/2022).  (TribunJakarta.com/Dwi Putra Kesuma)

Sebelumnya diberitakan, penganiayaan disertai pembunuhan dilakukan oleh seorang suami, Rizky Noviyandi Achmad alias RNA (31) terhadap istri dan anak terjadi di rumah mereka di Klaster Pondok Jatijajar, Tapos, Kota Depok pada Selasa pagi buta, 1 November 2022.

Pelaku menggunakan sebilah golok nekat menghabisi nyawa anak perempuannya, KPC (11), yang masih mengenakan seragam Sekolah Dasar.

Pelaku juga membacok istrinya, Nila Islamia (31) hingga kritis dan harus menjalani perawatan intensif di rumah sakit.

Beruntung, anak balita mereka berumur 1,5 tahun tak jadi sasaran aksi keji ayahnya.

Baca juga: Update Keluarga Membusuk di Kalideres: Saat Rahasia Terbongkar, Paman Mohon Tak Dilaporkan ke Polisi

Sang ayah tampak santai saat keluar rumah sembari menggendong anak balita tersebut.

Belakangan, terkuak motif aksi sadis pelaku adalah karena sakit hati diminta cerai oleh sang istri.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved