Cerita Kriminal

Praktik Perdagangan Produk Kedaluwarsa di Cikarang, Pelaku Diduga Disuplai Distributor Minimarket

Dari pantauan TribunJakarta.com, sejumlah produk kedaluwarsa yang disita polisi memiliki merk otentik salah satu minimarket terkenal.

TribunJakarta.com/Yusuf Bahctiar
Petugas menunjukkan barang bukti produk kedaluwarsa yang berhasil disita Polsek Cikarang Barat Polres Metro Bekasi. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, CIKARANG BARAT- Praktik peredaran produk kedaluwarsa di Cikarang Barat dibongkar polisi, pelaku diduga dapat suplai barang dari distributor minimarket.

Kapolres Metro Bekasi Kombes Gidion Arif Setyawan mengatakan, pelaku diduga memiliki koneksi dengan pihak distributor produk untuk toko minimarket.

"Harusnya ini disalurin ke toko, tapi mungkin tersangka ada kenal sama supir atau siapa dibeli jadinya, sebagian barang juga ada digunakan untuk makan ternak," kata Gidion, Kamis (24/11/2022).

Dari pantauan TribunJakarta.com, sejumlah produk kedaluwarsa yang disita polisi memiliki merk otentik salah satu minimarket terkenal.

Produk tersebut terdiri dari makanan dan minuman, pelaku melakukan praktik perubahan label tanggal expired lalu dijual kembali dengan harga lebih murah ke konsumen.

Tersangka berjumlah tujuh orang terdiri dari N (48), M (36), D (57), J (33), A (18), N (40) dan A (40).

Baca juga: Modus Ubah Tanggal Expired Kemasan, Polisi Bongkar Praktik Perdagangan Produk Kedaluwarsa di Bekasi

Lokasi gudang tempat pelaku menjalankan praktik curangnya berada di kontrakan Kampung Bojong Koneng, RT01 RW 03, Desa Telaga Murni, Kecamatan Cikarang Barat.

Sebelum mencetak tanggal expired baru pada kemasan, pelaku menghapus terlebih dahulu tinta asli menggunakan cairan tiner.

Produk expired yang telah diubah tanggal kedaluwarsa dijual secara daring, terdapat pelaku yang berperan sebagai re-seller atau penjual.

"Dijual secara online, jadi ada pelaku yang berperan sebagai re-seller yang juga kami tangkap, tapi ada dua re-seller lagi yang saat ini masih dalam pengejaran," jelas dia.

Petugas menunjukkan para tersangka kasus perdagangan produk kedaluwarsa alias barang expired yang diungkap Polsek Cikarang Barat Polres Metro Bekasi, Kamis (24/11/2022).
Petugas menunjukkan para tersangka kasus perdagangan produk kedaluwarsa alias barang expired yang diungkap Polsek Cikarang Barat Polres Metro Bekasi, Kamis (24/11/2022). (TribunJakarta.com/Yusuf Bahctiar)

Praktik culas ini sudah dijalankan tersangka N dan kawan-kawan sejak kurang lebih tiga bulan, produk mereka sebagian telah terdistribusi melalui penjualan online.

"Kami akan dalami lagi, barang-barang kedaluwarsa ini dijual dengan harga lebih murah dibanding harga produk yang baru," jelas dia.

Akibat perbuatannya, tersangka dijerat pasal 62 tentang perlindungan konsumen ancaman hukuman penjara lima tahun dan atau pasal 143 tentang pangan ancaman hukuman dua tahun penjara.

Baca juga: Kelompok Spesialis Pembobol ATM Diringkus Polres Jakarta Barat: Awalnya Pancing Tarik Rp100 Ribu

Sebagai informasi, produk kedaluwarsa yang diubah tanggal expired diantaranya mi instan, minuman soda, makanan ringan dan masih banyak lagi.

 

 

 

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved