Antisipasi Banjir, Tim Pemeliharaan Taman di Tangerang Pangkas Pohon Lebar di Bantaran Kali Sabi 

Pemangkasan tanaman atau pohon merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui OPD terkait.

Penulis: Ega Alfreda | Editor: Wahyu Septiana
ISTIMEWA
Tim Pemeliharaan Taman, Disbudpar Kota Tangerang melakukan pemangkasan dan perapihan di Bantaran Kali Sabi bersama jajaran Dinas PUPR, Sabtu (26/11/2022). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Pemangkasan tanaman atau pohon merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui OPD terkait.

Terlebih, memasuki musim hujan pemangkasan dilakukan secara intensif.

Tak hanya pada pohon di tepi jalan, namun pemangkasan juga dilakukan di sejumlah bantaran kali yang dimiliki Kota Tangerang.

Kali ini, melalui Tim Pemeliharaan Taman, Disbudpar Kota Tangerang melakukan pemangkasan dan perapihan di Bantaran Kali Sabi bersama jajaran Dinas PUPR.

Kabid Pertamanan dan Dekorasi Kota, Indri Suryani mengungkapkan pihaknya menurunkan 16 petugas untuk pemangkasan pohon bantaran Kali Sabi, serta pengangkutan sampah.

Baca juga: Badan Sudah Hancur, Polisi Ungkap Identitas Mayat Misterius yang Terikat di Kali Bayur Tangerang

“Langkah ini sebagai upaya melaksanakan Program Pengendalian Banjir dengan melakukan pembersihan wilayah bantaran kali," kata Indri dalam keterangannya, Sabtu (26/11/2022).

Menurutnya, pada saat musim hujan, daun-daun tumbuh rimbun dan apabila terjadi hujan deras yang disertai angin kencang, seringkali terjadi tumbang.

Ia pun menuturkan, dalam giat ini Tim Pemeliharaan Taman juga telah melakukan pemangkasan dan perapihan di Kali Angke, Kali Sipon, dan Kali Sabi.

Pohon besar puluhan meter tumbang dan tutup satu jalur di Jalan Raya GDC, Sukmajaya, Kota Depok, Senin (13/6/2022).
Ilustrasi pohon besar  (TribunJakarta.com/Dwi Putra Kesuma)

Namun, selain petugas yang diturunkan, Indri juga berharap pengawasan dan pemeliharaan lingkungan kali juga hadir dari masyarakat Kota Tangerang khususnya di sekitar kali tersebut. 

“Bisa dipastikan, semakin banyak pihak yang peduli dan bergerak, maka lingkungan akan lebih terjaga, dan antisipasi akan cuaca buruk bisa lebih dikendalikan."

"Ayo jaga kebersihan lingkungan kita, jaga kelestarian kali atau sungai kita, untuk keindahan dan kenyamanan kita juga,” kata Indri.

Baca artikel menarik lainnya TribunJakarta.com di Google News

 

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved