Dukungan Penuh APJII Jakarta Dalam Transformasi Digital dan Konektivitas Internet di Indonesia

APJII DKI Jakarta mendukung pertumbuhan data center seiring dengan perkembangan Indonesia yang memang sedang berjalannya transformasi digital.

Editor: Wahyu Septiana
ISTIMEWA
Penguru Wilayah (Pengwil) APJII DKI Jakarta mengunjungi pusat data center PT Pricenton Digital Group di Kawasan Industri MM2100, Cikarang Barat, Kamis (24 November 2022). 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - APJII DKI Jakarta mendukung pertumbuhan data center seiring dengan perkembangan Indonesia yang memang sedang berjalannya transformasi digital dan konektivitas internet.

Dukungan tersebut dibuktikan dengan kunjungan yang dilakukan Pengurus Wilayah (Pengwil) APJII DKI Jakarta ke pusat data center PT Pricenton Digital Group di Kawasan Industri MM2100, Cikarang Barat, Kamis (24/11/2022).

Ketua Pengwil APJII DKI Jakarta, Tedi Supardi Muslih mengatakan, kunjungan ini dilakukan untuk lebih mengenal data center anggota APJII DKI Jakarta.

“APJII DKI Jakarta memberikan support kepada seluruh anggota untuk bertumbuh bersama dengan memfasilitasi konektifitas antara demand dan supply sesama anggota,” kata Tedi Supardi Muslih dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (26/11/2022).

Kendati demikian, Tedi tidak menafikan bahwa untuk menjawab peningkatan kebutuhan akan mendorong bertumbuhnya data center.

Jadi, menurut Tedi, hukum pasar akan sangat dinamis.

Permintaan pasar yang meningkat bersamaan dengan munculnya pemain-pemani baru di industri data center.

Kebutuhan data center di Indonesia diprediksi akan semakin marak ke depannya, terutama mengikuti berkembang pesatnya e-commerce.

Baca juga: APJII Gandeng Balitwin Dukung Hadirkan Kembaran Bali di Metaverse

Diperkirakan, pertumbuhan data center ke depannya rata-rata 20 persen per tahun, tahun 2023 kapasitas data center yang tersedia di Indonesia bisa bertumbuh mencapai 200 megawatt.

Pertumbuhan data center ini, menurut Tedi, akan membuat perusahaan meningkatkan sistem pelayanannya.

“Di situlah seni bisnis data center, bagaimana meningkatkan pelayanan, tetapi harus lebih efesian, dan mampu mencetak laba,” katanya.

Penguru Wilayah (Pengwil) APJII DKI Jakarta mengunjungi pusat data center PT Pricenton Digital Group di Kawasan Industri MM2100, Cikarang Barat, Kamis (24 November 2022).
Penguru Wilayah (Pengwil) APJII DKI Jakarta mengunjungi pusat data center PT Pricenton Digital Group di Kawasan Industri MM2100, Cikarang Barat, Kamis (24 November 2022). (ISTIMEWA)

"Sangat penting memperhitungkan kenaikan harga listrik dan komitmen mengurangi emisi karbon,” tambahnya.

Menurut Tedi, terhadap perkembangan data center di Indonesia sekarang ini juga secara payung hukum sudah sangat kuat.

“Kita sekarang sudah ada Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi. Jadi sekarang pihak industri data center yang perlu penguatan dari sistem keamanan siber yang lebih diperkuat lagi,” tutupnya.

Baca artikel menarik lainnya TribunJakarta.com di Google News

 

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved