Indonesia Negara Besar Kaya Perbedaan, Jokowi: Pemimpinnya Harus Sadar Keberagaman

Presiden Joko Widodo menyebut Indonesia sebagai negara besar yang sangat kaya keberagaman. Indonesia butuh sosok pemimpin yang menyadari keberagaman.

ISTIMEWA/Kolase Tribun Jakarta
Joko Widodo mengungkap kriteria sosok pemimpin yang betul-betul memikirkan rakyat. Joko Widodo menyebut Indonesia sebagai negara besar yang sangat kaya keberagaman. Indonesia butuh sosok pemimpin yang menyadari keberagaman. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, TANAH ABANG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut Indonesia sebagai negara besar yang sangat kaya keberagaman.

Hal ini dikatakan di depan ratusan ribu relawannya yang hadir dalam acara bertajuk ‘Nusantara Bersatu’ di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

“Indonesia ini adalah negara besar, kita ini beragam, kita ini berbeda-beda semua. Kita memiliki 714 suku yang berbeda-beda, bahasa daerah kita memiliki lebih dari 1.300 yang berbeda-beda, agama kita juga beda,” ucapnya, Sabtu (26/11/2022).

Oleh karena itu, Jokowi menyebut Indonesia butuh sosok pemimpin yang menyadari keberagaman.

Bukan malah memainkan politik identitas yang justru bisa memecah belah bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai etnis, suku, hingga agama.

“Pemimpin itu harus menyadari mengenai keberagaman Indonesia, karena kita ini macam-macam, kita beragam, kita ini berbeda-beda semuanya,” ujarnya.

Ungkap Ciri-ciri Pemimpin yang Memikirkan Rakyat

Baca juga: Jangan Sembarangan Pilih Presiden 2024, Jokowi Singgung Sosok Berambut Putih dan Muka yang Kerutan

Presiden Joko Widodo alias Jokowi mengingatkan rakyat Indonesia agar tidak salah pilih pemimpin di 2024 mendatang.

Hal ini, disampaikan dirinya saat menghadiri acara Nusantara Bersatu yang digelar oleh relawan Jokowi di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, hari ini.

"Pemimpin seperti apa yang kita cari? hati-hati. Saya titip hati-hati, pilih pemimpin hati hati. Pilihlah pemimpin yang ngerti, yang ngerti apa yang dirasakan oleh rakyat," kata Jokowi, Sabtu (26/11/2022).

Presiden Joko Widodo saat berpidato di depan relawannya yang memadati Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu (26/11/2022).
Presiden Joko Widodo saat berpidato di depan relawannya yang memadati Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu (26/11/2022). (TribunJakarta.com/Dionisius Arya Bima Suci)

Jokowi mengingatkan, agar masyarakat memilih pemimpin yang mengerti apa yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Bukan hanya sekedar pemimpin yang suka duduk di ruangan AC. Namun, ia menyarankan rakyat agar pilih pemimpin yang suka turun ke bawah dan mengetahui kondisi rakyatnya.

Ia pun menyinggung, bahwa salah satu ciri-ciri pemimpin ideal juga bisa dilihat dari kondisi fisiknya 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved