Liga 1

Klub Harus Segera Bersiap! Jadwal Pertandingan Putaran Pertama Liga 1 2022/2023 Bakal Makin Padat

Klub Liga 1 kembali berada diambang ketidakpastian kapan kompetisi yang akan kembali bergulir. Putaran pertama Liga 1 akan menjadi padat.

Editor: Wahyu Septiana
Kompas.com/Suci Rahayu
Ilustrasi Liga 1 2022/2023 - Klub Liga 1 kembali berada diambang ketidakpastian kapan kompetisi yang akan kembali bergulir. Putaran pertama Liga 1 akan menjadi padat. 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Klub Liga 1 kembali berada diambang ketidakpastian kapan kompetisi yang akan kembali bergulir.

Sebelumnya PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator kompetisi sempat mengatakan bahwa tanggal 2 Desember adalah waktu paling tepat untuk kembali berjalannya kompetisi.

Ternyata hal itu tak berjalan mulus, kepastian tanggal kembali bergulirnya Liga 1 belum juga menemui titik terang, meski PT LIB telah melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) kedua dengan para pemangku kepentingan di Mabes Polri, Selasa (29/11/2022).

Kendati demikian, Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus, mengatakan bahwa pihaknya akan tetap merancang jadwal putaran pertama Liga 1 harus selesai sebelum Timnas Indonesia berlaga di Piala AFF 2022 pada 20 Desember hingga 16 Januari mendatang.

Dengan begitu, otomatis hanya ada waktu tiga pekan untuk merampungkan Liga 1 2022/2023 putaran pertama yang menyisakan enam pekan pertandingan.

Putaran pertama Liga 1 sendiri terdiri dari 17 pekan pertandingan, dan kini hampir semua klub sudah melewati 11 pekan.

"Memang hari ini banyak hal yang dibicarakan termasuk PT LIB sudah merancang jadwal awal, sesuai rancangan yang lalu, namun memang harus ada pengujian kembali kaitannya dengan survei, kemudian juga berkoordinasi dengan kepolisian setempat," kata Ferry.

"Itu yang harus kami lakukan, sehingga ada kepastian kapan kick-off-nya. Yang pasti, deadline untuk sampai pada (keputusan akhir tanggal kick-off hingga jadwal akhir putaran pertama Liga 1) tidak berbenturan timnas itu sudah menjadi acuan kita, hanya agak ketat," sambungnya.

Baca juga: Suporter Belum Bisa Lega, Liga 1 Belum Dipastikan Mulai 2 Desember 2022

Dengan demikian, apabila Liga 1 tidak kembali bergulir pada 2 Desember mendatang, maka dapat dipastikan jadwal pertandingan liga akan semakin padat.

Oleh sebab itu, mau tidak mau klub harus memutar otak untuk memanajemen stamina para pemainnya untuk menyelesaikan putaran pertama Liga 1 2022/2023.

"Kami enggak bisa berbicara tanggal kick off itu tanggal 2, 3, 4 (Desember), seterusnya karena tahapan verifikasi itu harus kita lalui, apalagi ada beberapa stadion yang selama ini belum juga disurvei PUPR seperti Stadion Sultan Agung dan Moch Soebroto," ungkap Ferry Paulus.

Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus saat ditemui di Mabes Polri, Jakarta, Senin (29/11/2022).
Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus saat ditemui di Mabes Polri, Jakarta, Senin (29/11/2022). (Tribunnews.com/Alfarizy AF)

PT LIB berencana menggelar kembali Liga 1 putaran pertama dengan menggunakan sistem bubble atau kompetisi akan digelar terpusat di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Nantinya, Liga 1 akan menggunakan empat stadion, yaitu Stadion Maguwoharjo (Sleman), Stadion Sultan Agung (Bantul), Stadion Jatidiri (Semarang), Stadion Moch. Soebroto di (Magelang).

Terbaru, PT LIB juga mengatakan akan memakai Stadion Manahan, Solo sebagai tambahan stadion untuk mempercepat selesainya putaran pertama Liga 1.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved