Gempa di Cianjur

Peduli Gempa Cianjur, Paket Bantuan dari BPBD dan Mahasiswa Tangerang Terus Mengalir

Berbagai bantuan kemanusiaan untuk para korban bencana gempa di Cianjur, Jawa Barat terus bercucuran dari berbagai elemen di Tangerang.

Penulis: Ega Alfreda | Editor: Wahyu Septiana
ISTIMEWA
Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) melalui Lembaga Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) melaksanakan aksi cepat tanggap pemberian bantuan lewat penggalangan dana kepada korban gempa Cianjur, Jawa Barat, Selasa (29/11/2022). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Berbagai bantuan kemanusiaan untuk para korban bencana gempa di Cianjur, Jawa Barat terus bercucuran dari berbagai elemen di Tangerang.

Mulai dari Mahasiswa sampai Badan Penanggulangan Daerah Bencana (BPBD) Kabupaten Tangerang turun tangan salurkan bantuan untuk Cianjur.
 
Seperti yang dilakukan Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) melalui Lembaga Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) melaksanakan Aksi Cepat Tanggap pemberian bantuan lewat penggalangan dana kepada korban gempa Cianjur, Jawa Barat. 
 
Dalam peristiwa tersebut, ratusan korban meninggal dan ribuan orang lainnya mengalami luka-luka.

Penderitaan korban gempa tidak berhenti sampai disitu, banyak warga yang terdampak secara material akibat kerusakan bangunan rumah sehingga mereka harus mengungsi.
 
Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Michael Raditya, menuturkan BEM UPJ menggandeng Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) DAKAURI (Dari Kami Untuk Negeri) dan juga perwakilan himpunan mahasiswa jurusan (HMJ) UPJ berperan sebagai tim satgas dibawah pengawasan  Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BKAL) UPJ.  
 
"Kami berupaya membantu meringankan penderitaan para korban bencana. Selain itu aksi ini sebagai wujud nyata solidaritas dan kepedulian kami terhadap korban yang sedang tertimpa musibah," ujar Michael Raditya dalam keterangannya, Rabu (30/11/2022).

Baca juga: Ibu dan Anak Tertimbun, Kerja Keras Tim SAR Cari Korban Longsor Gempa Cianjur di Warung Sate Shinta

Michael menambahkan, aksi Cepat Tanggap adalah program sinergi aksi kemanusian antara BEM UPJ dengan Himpunan Mahasiswa UPJ yang melibatkan dua fakultas dan seluruh program studi. 
 
Bersama dengan dua puluh lima (25) relawan yang merupakan mahasiswa UPJ langsung menyalurkan bantuan dana yang sudah terkumpul dari kegiatan open donasi  yang melibatkan seluruh civitas akademika UPJ.

Adapun bantuan logistik yang didistribusikan antara lain terdiri dari obat-obatan, peralatan bayi, bahan pangan, alat kebersihan diri, dan selimut.

Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) melalui Lembaga Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) melaksanakan aksi cepat tanggap pemberian bantuan lewat penggalangan dana kepada korban gempa Cianjur, Jawa Barat, Selasa (29/11/2022).
Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) melalui Lembaga Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) melaksanakan aksi cepat tanggap pemberian bantuan lewat penggalangan dana kepada korban gempa Cianjur, Jawa Barat, Selasa (29/11/2022). (ISTIMEWA)

Bantuan yang disalurkan dilaksanakan di Desa Bojongherang Kabupaten Cianjur.

Selanjutnya, bantuan tersebut langsung dibagikan kepada seluruh warga desa yang terdampak. 
 
Tak kalah, Pemerintah Kabupaten Tangerang mendirikan posko bencana gempa di Kantor Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat, Minggu (26/11/22).

Kepala BPBD Kabupaten Tangerang Ujat Sudrajat yang berada di lokasi langsung menyerahkan bantuan terpal untuk mendirikan tenda pengungsian dan juga memberikan vitamin kepada warga yang mengungsi.

"Kami berharap kepada korban bencana alam gempa bumi Cianjur bisa melewati musibah ini dengan ikhlas dan sabar. Semoga apa yang kami berikan ini bisa meringankan beban korban gempa," ujar Ujat dalam keterangannya.

Bantuan dari BPBD Kabupaten Tangerang berupa mi instan 35 dus, beras 200 kilogram, kecap 48 botol, air mineral 100 dus, sarden 50 dus, terigu tiga dus, minyak sayur tiga dus, susu kental manis tiga dus isi 50 kaleng perdus, dan tenda pengungsi.

Baca juga: Kisah Yani Korban Gempa Cianjur: Hati Hancur Lihat Cucu Masih Balita Tertimpa Lemari

Sedangkan bantuan dari Dinas Sosial Kabupaten Tangerang berupa terpal satu gulung, selimut anak 25 potong, selimut dewasa 15 potong, makanan anak 16 kantong, Beras 100 kilogram, mi instan 10 dus, sarden 50 kaleng, mknyak sayur 24 kantomg.

"Di masa tanggap darurat bencana, kami berharap bantuan logistik ini sedikitnya dapat  membantu meringankan warga terdampak gempa di Cianjur," kata Ujat Sudrajat.

"Kami juga mengirimkan 13 personel Damkar untuk bantu evakuasi korban dan 11 orang relawan yang ada di Kabupaten Tangerang," pungkasnya.

Baca artikel menarik lainnya TribunJakarta.com di Google News

 

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved