Penjabat Pengganti Anies Baswedan

Rencana Anies Baswedan Sambungkan JIS dengan LRT Batal, PKS: Ganti Pemimpin Arah Kebijakan Berubah

Pemprov DKI batal melanjutkan proyek pembangunan LRT hingga JIS. rute yang sebelumnya dirancang Anies diganti dengan Velodrome menuju Manggarai.

Dionisius Arya Bima Suci / Tribun Jakarta
Wakil Ketua Fraksi PKS Ismail saat ditemui di Balai Kota Jakarta, Jumat (7/1/2022). Pemprov DKI batal melanjutkan proyek pembangunan LRT hingga JIS. rute yang sebelumnya dirancang Anies diganti dengan Velodrome menuju Manggarai. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Pemprov DKI Jakarta batal melanjutkan proyek pembangunan LRT Jakarta hingga Jakarta International Stadium (JIS).

Ketua Komisi B DPRD DKI yang juga politikus PKS Ismail mengatakan, rute yang sebelumnya dirancang Gubernur Anies Baswedan digantikan dengan Velodrome menuju Manggarai.

Kebijakan ini diambil setelah Presiden Joko Widodo menggelar rapat terbatas (ratas) dengan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

"Proyek LRT ke JIS otomatis kepending dulu, karena kami sudah bersepakat untuk melakukan (pembangunan LRT rute Velodrome-Manggarai) sesuai dengan keputusan ratas presiden dengan Pj Gubernur DKI," ucapnya saat dikonfirmasi, Rabu (30/11/2022).

Ismail menduga, kebijakan ini dibuat lantaran potensi penumpang LRT menuju kawasan Manggarai lebih besar ketimbang JIS.

Apalagi, Stasiun Manggarai diproyeksikan sebagai lokasi transit seluruh moda transportasi perkeretaapian, mulai dari KRL hingga kereta bandara.

"Manggarai itu kan sebuah transit yang besar dari berbagai moda transportasi. Maka, jika dilanjutkan kami harap akan memberikan impact yang besar terhadap LRT yang saat ini existing di Velodrome," ujarnya.

Baca juga: Dana PMD untuk LRT Fase 1B Velodrome-Manggarai Naik Rp 474 Miliar di RAPBD DKI 2023

"Dengan demikian bisa ada peningkatan jiga terhadap ridership LRT untuk mengangkut warga dari timur ke pusat dan sebaliknya," sambungnya.

Ismail menambahkan, rencana mengintegrasikan JIS dengan LRT ini sebelumnya dirancang di era Gubernur Anies Baswedan.

Sebab, JIS dibangun dengan mengusung konsep integrasi transportasi sehingga masyarakat yang ingin menonton pertandingan sepak bola di stadium itu  tidak lagi menggunakan kendaraan pribadi.

Wakil Ketua Fraksi PKS, Ismail (kiri) di Balai Kota DKI, Jumat (7/1/2022).
Wakil Ketua Fraksi PKS, Ismail (kiri) di Balai Kota DKI, Jumat (7/1/2022). (TRIBUNJAKARTA.COM/NUR INDAH FARRAH)

Namun seiring bergantinya pemimpin di ibu kota, arah kebijakan pun berubah sehingga Pemprov DKI kini lebih mengutamakan rute Velodrome - Manggarai.

Kemudian, rute selanjutnya yang direncanakan akan digarap ialah Velodrome menuju Klender dan Halim untuk menyambung ke kereta cepat Bandung.

"Kita melihat sekarang berganti pemimlin boleh jadi ada pandangan baru yang lebih mengedepankan tentang gimana memberikan fasilitas kepada warga yang lebih banyak selain yang ke JIS," kata Ismail.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved