Demi Lanjutkan Program Warisan Anies Baswedan, Pemprov DKI Cari Operator Baru Bike Sharing

Pemprov DKI melalui Dinas Perhubungan (Dishub) berencana mencari operator baru untuk menjalankan program bike sharing.

Tribunnews/Herudin
Layanan penyewaan sepeda atau bike sharing berbasis aplikasi di sekitar Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (4/7/2020). Pemprov DKI Jakarta menyediakan fasilitas bike sharing di sembilan titik di Jakarta sebanyak 200 unit dengan biaya Rp 3.000 per 15 menit pemakaian. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Pemprov DKI melalui Dinas Perhubungan (Dishub) berencana mencari operator baru untuk menjalankan program penyewaan sepeda atau bike sharing.

Sebagai informasi, program warisan Gubernur Anies Baswedan belakangan menjadi sorotan lantaran kondisi sepeda-sepeda sewaan itu kini terbengkalai.

Penawaran kerja sama dengan sejumlah pihak sudah diajukan Dishub DKI pada 22 November kemarin saat Sepeda Sewa Summit yang digelar oleh Jakarta Investment Centre.

"Sudah ada beberapa operator dari BUMN yang berminat dan tentunya nanti akan kami tindaklanjuti," ucapnya di Balai Kota, Rabu (30/11/2022).

Syafrin menyebut, pihaknya nantinya akan menyeleksi operator-operator tersebut sehingga program bike sharing ini bisa dijalankan dengan baik.

"Kami tindaklanjuti untuk dilakukan semacam beauty contest, kemudian mereka masuk sebagai operator dari sepeda sewa," ujarnya.

Baca juga: Bike Sharing Warisan Anies Baswedan Terbengkalai karena Pendanaan, 218 Sepeda Gowes Tak Beroperasi

Berkaca dari pengalaman sebelumnya, anak buah Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono ini tak mau program bike sharing yang diluncurkan pada 2020 lalu terbengkalai lagi.

Syafrin menyebut, saat itu operator bike sharing kolaps imbas pandemi Covid-19 sehingga tak mampu melakukan peningkatan atau upgrading aplikasi dari teknologi 2G ke 4G.

Untuk mengantisipasi hal itu, Pemprov DKI pun sudah membuat regulasi baru yang tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 36 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Sepeda Sewa.

"Kami mengharapkan (operator baru) yang berminat bisa memahami (regulasi), sehingga operasional sepeda sewa di Jakarta lebih sustain ke depannya," kata Syafrin.

Untuk tahun depan, Dishub DKI menargetkan ada 66 titik penyewaan bike sharing yang tersebar di sejumlah wilayah di ibu kota.

Tidak kurang 417 sepeda sewa akan disiapkan demi menyukseskan program ini.

"Nanti secara periodik operator bisa melakukan evaluasi berapa  banyak kebutuhan (sepeda) dari 66 titik yang sekarang sudah diidentifikasi," kata Syafrin.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved