Mural Ajakan Menjaga Lingkungan Hiasi Jalan Sindang Terusan di Kelurahan Rawa Badak Utara

Pemerintah Kota Jakarta Utara mempercantik wilayah Kelurahan Rawa Badak Utara, Kecamatan Koja, Jakarta Utara dengan hiasan mural.

Dok. Kelurahan Rawa Badak Utara
Mural di sepanjang Jalan Sindang Terusan, Kelurahan Rawa Badak Utara, Koja, Jakarta Utara mengajak masyarakat yang melintas untuk melestarikan lingkungan. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, KOJA - Pemerintah Kota Jakarta Utara mempercantik wilayah Kelurahan Rawa Badak Utara, Kecamatan Koja, Jakarta Utara dengan hiasan mural.

Tiga wilayah RW di kelurahan tersebut menjadi sasaran dalam upaya pembenahan lingkungan ini.

Ajakan menjaga lingkungan yang disampaikan lewat mural-mural pada tembok Jalan Sindang Terusan di Kelurahan Rawa Badak Utara diharapkan dapat menjadi pengingat bagi masyarakat yang melintas untuk melestarikan sekitar.

Lurah Rawa Badak Utara Nani mengatakan, pengecatan mural pada wilayahnya merupakan tindak lanjut dari arahan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono terkait penataan kawasan.

"Sepanjang Jalan Sindang Terusan yang berada di wilayah RW 012, 013, dan 014 Kelurahan Rawa Badak Utara, Kecamatan Koja menjadi lokasi utama dalam kegiatan penataan kawasan," kata Nani, Minggu (4/12/2022).

Baca juga: Dua Remaja Tertunduk Malu usai Tertangkap Corat-coret Mural di Ciganjur

Jalan Sindang Terusan dipilih sebagai lokasi penataan kawasan karena lokasinya yang dinilai cukup strategis.

Ruas jalan tersebut merupakan akses penghubung jalan arteri dengan Jalan Yos Sudarso yang masih berada di wilayah Kecamatan Koja.

"Di sana juga dekat dengan area pemukiman, pendidikan, dan perkantoran sehingga para pengguna jalan banyak yang melintasi lokasi tersebut," sambung Nani.

Mural di sepanjang Jalan Sindang Terusan, Kelurahan Rawa Badak Utara, Koja, Jakarta Utara mengajak masyarakat yang melintas untuk melestarikan lingkungan.
Mural di sepanjang Jalan Sindang Terusan, Kelurahan Rawa Badak Utara, Koja, Jakarta Utara mengajak masyarakat yang melintas untuk melestarikan lingkungan. (Dok. Kelurahan Rawa Badak Utara)

Pembuatan mural pada tembok Jalan Sindang Terusan adalah upaya pamungkas penataan kawasan di Kelurahan Rawa Badak.

Nani memerinci, beberapa langkah lainnya sudah dilakukan terkait pelestarian lingkungan, mulai dari penanaman pohon, penataan taman, pengurasan saluran, hingga pembenahan turap.

Ia pun memastikan akan menggerakan semua potensi yang ada untuk ikut berpartisipasi dalam membenahi dan menata lingkungan.

Mural di sepanjang Jalan Sindang Terusan, Kelurahan Rawa Badak Utara, Koja, Jakarta Utara 3
Mural di sepanjang Jalan Sindang Terusan, Kelurahan Rawa Badak Utara, Koja, Jakarta Utara mengajak masyarakat yang melintas untuk melestarikan lingkungan.

"Dengan adanya kegiatan penataan kawasan di Jalan Sindang Terusan maka lokasi itu akan terlihat semakin tertata, indah, dan asri," katanya.

"Kemudian bisa dijadikan sebagai tempat terintegrasi dan bersosialisasi bagi masyarakat serta memberdayakan masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan sekitar," tutur Nani.


Baca artikel menarik lainnya TribunJakarta.com di Google News

 

 

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved