Sambangi Kalibaru, Kasat Reskrim Polres Jakut Ingatkan Warga Potensi Anak Jadi Pelaku Kejahatan

Satreskrim Polres Metro Jakarta Utara melakukan sambang warga ke wilayah Kalibaru, Cilincing. Polisi ingatkan warga potensi anak jadi pelaku kejahatan

Dok. Satreskrim Polres Metro Jakarta Utara
Satreskrim Polres Metro Jakarta Utara dan jajaran menyambangi wilayah RW 14 Kalibaru di Cilincing, Jakarta Utara, untuk mengimbau soal ketentraman dan ketertiban umum. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, CILINCING - Satreskrim Polres Metro Jakarta Utara melakukan sambang warga ke wilayah RW 14 Kelurahan Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara.

Kunjungan ini dalam rangka imbauan menjaga ketertiban dan ketentraman masyarakat, terutama di wilayah Kalibaru yang banyak anak di bawah umurnya kerap kali menjadi pelaku kejahatan.

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Utara AKBP Febri Isman Jaya mengatakan, kekinian situasi di Jakarta Utara cenderung kondusif.

Namun, dirinya tak menampik bahwa masih banyak beredar di media sosial tindak kejahatan yang dilakukan anak di bawah umur.

"Masih ada sebagian kejadian yang menimbulkan ketidaknyamanan, di mana sebagian pelaku tindak kejahatan didominasi oleh anak di bawah umur," kata Febri dalam keterangannya, Minggu (4/12/2022).

Baca juga: Tertangkap Basah Main Judi Kartu Remi, Dua Pemuda di Kalibaru Ditangkap Polsek Cilincing

Anak-anak berpotensi menjadi pelaku kejahatan terutama terlibat dalam tawuran antarkelompok.

Febri menilai, dewasa ini telah terjadi perbedaan tingkah laku budaya masyarakat, terutama di kalangan anak-anak.

Apabila zaman dulu anak takut dengan orang tua, namun sekarang dianggapnya justru orang tua yang takut dengan anaknya.

"Kita perlu memberikan pendidikan tingkah laku tata krama yang baik kepada anak kita serta rajin mengingatkan kepada anak kita agar tidak melakukan hal yang tercela," imbau Febri.

Febri juga mengimbau kepada warga untuk selalu waspada dalam memarkirkan kendaraan.

Imbauan ini untuk menghindari kejadian pencurian kendaraan bermotor (curanmor) yang juga rawan terjadi di Kalibaru dan sekitarnya.

Ketua RW 14 Kalibaru, Anwar Sasnaminata menilai, sambang warga dari kepolisian sangat perlu lantaran di wilayahnya sering terjadi tawuran.

"Sehingga kunjungan inj dapat menjadi sarana pembekalan kepada tokoh masyarakat. Diharapkan ke depannya agar situasi dapat lebih aman dan kondusif," ucap dia.

 

Baca artikel menarik lainnya TribunJakarta.com di Google News

 

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved