Hari Ini, 9 Wilayah Pesisir Jakarta Berpotensi Terdampak Banjir Rob Hingga 13 Desember 2022

BPBD DKI mengimbau warga waspada banjir rob di sejumlah wilayah Jakarta Utara mulai hari ini hingga 13 Desember 2022 mendatang.

Kompas.com/Joy Andre T
Sekelompok bocah sedang berenang di balik tembok pembatas antara jalanan dengan laut lepas di kawasan Penjaringan, Jakarta Utara, Minggu (30/1/2022). BPBD DKI mengimbau warga waspada banjir rob di sejumlah wilayah Jakarta Utara mulai hari ini hingga 13 Desember 2022 mendatang. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan imbauan waspada banjir pesisir atau biasa dikenal dengan banjir rob.

Merujuk pada Instagram resminya, sejumlah wilayah di Jakarta Utara berpotensi terdampak banjir rob.

Pasalnya, berdasarkan aktivitas pasang air laut bersamaan dengan fase bulan purnama mempengaruhi dinamika pesisir yang berpotensi menyebabkan banjir pesisir (ROB) pada pukul 08.00 - 12.00 WIB.

"Waspada banjir pesisir. Durasi 06 Desember s.d 13 Desember 2022. Berdasarkan informasi BMKG Maritim Tanjung Priok tentang Peringatan Potensi Banjir Pesisir (ROB) tanggal 06 Desember s.d 13 Desember 2022, akibat adanya aktivitas pasang air laut bersamaan dengan fase bulan purnama mempengaruhi dinamika pesisir pantai yang berpotensi menyebabkan banjir pesisir atau rob," bunyi caption tersebut, Selasa (6/12/2022).

Baca juga: Warga Muara Angke Antisipasi Banjir Rob Saat Gerhana Bulan Total, Barang Berharga Dipindahkan

Oleh sebab itu, sembilan wilayah di pesisir DKI Jakarta diimbau untuk tetap waspada terhadap peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang berpotensi menyebabkan terjadinya banjir pesisir.

"Pantau informasi terkini mengenai gelombang air laut pada laman: bpbd.jakarta.go.id/gelombanglaut. Bila menemukan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan, segera hubungi Call Center Jakarta Siaga 112," lanjutnya.

Berikut wilayah berpotensi terdampak banjir rob:

Warga di RW 08 Kelurahan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, memasang tali pegangan di Jalan Lodan Raya yang pada siang ini terendam banjir rob.
Warga di RW 08 Kelurahan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, memasang tali pegangan di Jalan Lodan Raya yang pada siang ini terendam banjir rob. (TRIBUNJAKARTA.COM/GERALD LEONARDO AGUSTINO)

- Kamal Muara

- Kapuk Muara

- Penjaringan

- Pluit

- Ancol

- Kamal

- Marunda

- Cilincing

- Kalibaru

 

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved