Breaking News:

Jangan Sembarang Pilih Produk Pembersih Rumah, Ini Alasannya

Di antaranya, dengan memperhatikan kandungan dalam produk pembersih rumah tangga dan tidak hanya sekedar memilih produk yang wangi dan murah.

TribunJakarta.com/Pebby Ade Liana
Medical Doctor Sonia Wibisono, dalam acara peluncuran The Good Wife, The Good Concentrate, di kawasan Pondok Indah, Selasa (6/12/2022). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Berbagai produk pembersih rumah menjadi salah satu barang yang umum digunakan masyarakat.

Saat ini, ada banyak sekali produk pembersih rumah yang beredar di pasaran.

Mulai dari pembersih lantai, pembersih kaca, disinfektan, atau pembersih toilet.

Akan tetapi, dalam memilih produk pembersih masyarakat disarankan agar lebih cermat dan teliti.

Di antaranya, dengan memperhatikan kandungan dalam produk pembersih rumah tangga dan tidak hanya sekedar memilih produk yang wangi dan murah.

"Sebaiknya, pilihlah produk yang lebih aman dan sehat. Karena, banyak produk kimia yang kandungannya beracun. Ini kalau dihirup, bisa pengaruh (kesehatan)," kata Medical Doctor Sonia Wibisono, dalam acara peluncuran The Good Wife, The Good Concentrate, di kawasan Pondok Indah, Selasa (6/12/2022).

Baca juga: Tips Pijat Bayi di Rumah untuk Redakan Batuk Pilek

Ia mengatakan, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih produk pembersih rumah.

Di antaranya, dalam penggunaan produk pembersih rumah tangga setidaknya harus memilih produk yang menggunakan bahan yang aman bagi kesehatan.

Hindari menggunakan produk pembersih rumah tangga yang mengandung bahan kimia berbahay, seperti Mercuri, dan juga Klorin.

Sebab, kata Dokter Sonia kandungan tersebut bisa berbahaya bagi kesehatan.

"Klorin dapat menimbulkan masalah pernapasan, iritasi kulit dan mata. Bagi penderita bronkitis, mengisap klorin terlalu banyak dapat memicu gejala bronkitis seperti mengi (suara napas tambahan), batuk, dan sesak napas," imbuhnya.

Baca juga: Bunda Harus Tahu: Dokter Bagikan Resep Ramuan Alternatif Penurun Demam Anak Pengganti Obat Sirop

Ia pun menyarankan, agar Ibu-Ibu di rumah memilih produk pembersih rumah tangga yang menggunakan bahan alami serta natural.

Tak hanya sekedar mampu membersihkan rumah dari kuman dan bakteri, produk pembersih dengan kandungan bahan alami juga disebut aman apabila terpapar oleh anak-anak.

"Apalagi kalau ada bayi, mereka suka merangkak, misalnya habis di pel, itukan tangannya pegang-pegang lantai, gak berbahaya. Jadi memang baiknya pilih produk yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya," papar dia. 
 

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved