10 RT di Jakarta Sempat Terendam Banjir, BPBD DKI Ungkap Tak Ada Genangan Pagi Ini

BPBD DKI Jakarta mengklaim sudah tak ada genangan di wilayah DKI Jakarta, Rabu (7/12/2022) pagi. Sebelumnya 10 RT dan 4 ruas jalan terendam banjir

TRIBUNJAKARTA.COM/SATRIO SARWO TRENGGINAS
Suasana genangan air yang terjadi di Jalan Kamal Raya, Cengkareng Barat, Jakarta Barat pada Rabu (19/1/2022). BPBD DKI Jakarta mengklaim sudah tak ada genangan di wilayah DKI Jakarta, Rabu (7/12/2022) pagi. Sebelumnya 10 RT dan 4 ruas jalan terendam banjir 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengklaim sudah tak ada genangan di wilayah DKI Jakarta pada Rabu (7/12/2022) pagi

Kepala BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan, seluruh genangan sudah surut sejak dini hari.

Padahal, sebelumnya 4 ruas jalan dan 10 RT di ibu kota terendam banjir.

"BPBD mencatat hingga Rabu (07/12) pukul 02.55 WIB, seluruh genangan di wilayah DKI Jakarta sudah surut. Hal ini terjadi berkat upaya kolaboratif yang dilakukan oleh OPD terkait seperti BPBD, Dinas SDA, Dinas Gulkarmat, Dinas Bina Marga, Dinas Lingkungan Hidup, Satpol PP dan PPSU Kelurahan yang telah mengerahkan personel berikut dengan peralatan pendukung seperti pompa mobile dalam menyedot genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik. Peran dari unsur masyarakat juga dilibatkan dalam upaya ini seperti pihak RT/RW, FKDM, dan tokoh masyarakat lainnya," katanya dalam keterangan tertulis.

Adapun penyebab terendamnya sejumlah wilayah ini lantaran hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang melanda sebagian besar wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya pada Selasa (6/12/2022) kemarin.

Baca juga: 4 Ruas Jalan dan 10 RT di Jakarta Terendam Banjir Malam Ini, Jakarta Timur Paling Banyak Terdampak

Sehingga menyebabkan kenaikan status siaga Pos Cipinang Hulu Siaga 3 (Waspada) dan Pos Sunter Hulu Siaga 3 (Waspada) serta genangan di beberapa titik di wilayah DKI Jakarta.

"BPBD DKI mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan. Dalam keadaan darurat, segera hubungi nomor telepon 112. Layanan ini gratis dan beroperasi selama 24 jam non-stop," pungkasnya.

Diwartakan sebelumnya, sebanyak 4 ruas jalan dan 10 RT di Jakarta terendam banjir pada Selasa (6/12/2022) malam.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta melaporkan seluruh wilayah yang terendam banjir ini berdasarkan data yang didapat pada pukul 21.00 WIB.

Permukiman warga Kebon Pala yang terendam banjir luapan Kali Ciliwung, Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (26/10/2022)
Permukiman warga Kebon Pala yang terendam banjir luapan Kali Ciliwung, Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (26/10/2022) (Istimewa)

Kepala BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji mengungkapkan wilayah terendam akibat hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang melanda sebagian besar wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya pada hari ini.

Sehingga menyebabkan kenaikan status siaga Pos Cipinang Hulu Siaga 3 (waspada) dan Pos Sunter Hulu Siaga 3 (waspada) serta genangan di beberapa titik di wilayah DKI Jakarta.

"BPBD mencatat genangan yang sebelumnya terjadi di 1 ruas jalan tergenang, saat ini menjadi 4 ruas jalan tergenang dan 10 RT atau 0,033 persen dari 30.470 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta," katanya dalam keterangan tertulis.

Adapun data wilayah terdampak sebagai berikut:

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved