Menghadap Rhoma Irama, Sandiaga Uno Ajukan Dangdut Jadi Warisan Budaya Tak Benda: Supaya Tak Diklaim

Sandiaga Uno Menghadap Rhoma Irama, Menteri Parekraf itu menyebut bila pihaknya berupaya mengajukan musik dangdut sebagai warisan budaya tak benda.

Penulis: Dwi Putra Kesuma | Editor: Wahyu Septiana
TRIBUNJAKARTA.COM/DWI PUTRA KESUMA
Menteri Parekraf RI Sandiaga Uno berjumpa dengan Musisi Dangdut Rhoma Irama di Depok, Rabu (7/12/2022). Sandiaga Uno Menghadap Rhoma Irama, Menteri Parekraf itu menyebut bila pihaknya berupaya mengajukan musik dangdut sebagai warisan budaya tak benda. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dwi Putra Kesuma

TRIBUNJAKARTA.COM, PANCORAN MAS - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tengah berupaya mengajukan musik dangdut sebagai warisan budaya tak benda.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Menteri Parekraf, Sandiaga Uno, saat berkunjung ke kediaman sang raja dangdut Rhoma Irama di Kecamatan Cilodong, Kota Depok, sore hari ini.

"Kami dari Kementerian Pariwisata sedang mengajukan dangdut sebagai warisan budaya tak benda, sedang kami siapkan dokumentasinya dan pengajuannya, kerjasama antara kementerian dengan lembaga lain," ujar Sandiaga Uno pada wartawan, Rabu (7/12/2022).

Menurut Sandiaga Uno, Rhoma Irama merupakan tokoh di belakang musik dangdut Indonesia.

"Bang haji (Rhoma Irama) ini tokoh di belakang musik dangdut yang menjadi kebanggaan bangsa dan identitas budaya," ungkap Sandi.

"Kita ingin segera mengajukan ini agar segara tercatat supaya juga ini nanti tidak diklaim dengan negara lain, saya tidak ingin bersuudzon tapi ini harus kita lakukan," timpalnya lagi.

Bilamana musik dangdut berhasil menjadi warisan budaya tak benda, Sandi bilang hal itu akan menjadi kebanggaan semua.

Baca juga: Sandiaga Uno Resmi Tutup AKI 2022 di Aeon BSD, Nilai Transaksi UMKM Tembus Puluhan Miliar Rupiah

"Paling tidak musik ini kan universal tapi kalau kita mengajukan sebagai warisan budaya tak benda maka akan mendapatkan pengakuan dan menjadi kebanggan kita," bebernya.

Terakhir, Sandiaga mengatakan bahwa puluhan juta masyarakat Indonesia bergantung hidup pada musik dangdut.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno saat ditemui di acara Pendampingan UMKM Sukses dan Melesat (Pesat) di Rumah Makan Jagarawa, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, Sabtu (15/10/2022).
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno. (Ega Alfreda/TribunJakarta.com)

"Saya mendapatkan informasi dari bang haji, bahwa puluhan juta masyarakat Indonesia yang menggantungkan hidupnya di subsektor musik khususnya genre dangdut," pungkasnya.

Baca artikel menarik lainnya TribunJakarta.com di Google News

 

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved