Cara Menyelamatkan Diri saat Gempa Bumi Ketika Berada di Dalam Rumah Atau Gedung Bertingkat

Jangan sampai dikuasai rasa panik saat gempa terjadi, berikut cara menyelamatkan diri ketika gempa terutama saat berada di dalam rumah atau gedung

Editor: Muji Lestari
Shutterstock
Ilustrasi gempa. Berikut ini simak cara menyelamatkan diri saat terjadi gempa bumi, terutama saat berada di dalam rumah atau gedung bertingkat 

TRIBUNJAKARTA.COM - Simak cara menyelamatkan diri saat terjadi gempa bumi, terutama ketika berada di dalam rumah atau gedung bertingkat.

Gempa berkekuatan Magnitudo 5,8 mengguncang Sukabumi, Jawa Barat pada Kamis (8/12/2022) pukul 07:50 WIB.

Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika atua BMKG melaporkan, sumber gempa berada di 7,11 LS dan 106.99 BT, 22 km Tenggara Kota Sukabumi.

Getaran gempa turut dirasakan warga di Bogor, Depok hingga Jakarta.

Tanpa disadari, sejumlah orang kerap panik saat gempa bumi melanda.

Saat panik, orang berebut untuk menyelamatkan diri, hingga rela berlari dan berdesakan yang meningkatkan risiko cedera dan bahaya lainnya.

Baca juga: Mengenal Sesar Baribis yang Mengepung Selatan Jakarta dengan Potensi Ancaman Gempa

Maka dari itu, perlu adanya pembekalan mengenai cara menyelamatkan diri saat gempa bumi, supaya terhidar dari risiko cedera dan bahaya lainnya.

Melansir laman bpbd.bogorkab.go.id, berikut cara menyelamatkan diri saat gempa bumi, khususnya jika berada di dalam rumah atau gedung bertingkat:

1. Cara Menyelamatkan Diri saat Gempa Apabila Berada di Dalam Rumah

Gempa bumi selalu datang tanpa melihat waktu dan tempat. Ketika anda berada di dalam rumah dan sedang terjadi gempa, tak perlu panik. Anda bisa melakukan cara penyelamatan diri sebagai berikut ini:

- Jika memungkinkan, dalam beberapa detik sebelum guncangan semakin hebat, segera menjauh dari kaca, benda gantung, rak buku, lemari cina, atau furnitur besar lainnya yang bisa jatuh.

- Jika tersedia di dekat Anda, ambil sesuatu untuk melindungi kepala dan wajah Anda dari puing-puing yang berjatuhan dan pecahan kaca.

- Jika Anda berada di dapur, segera matikan kompor dan tutupi saat terjadi guncangan pertama.

- Jika Anda di tempat tidur, tahan dan tetap di sana, lindungi kepala Anda dengan bantal.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved