Pernikahan Kaesang Bakal Jadi Lobi Politik? Pengamat Sebut AHY yang Paling Diuntungkan

Statusnya sebagai anak presiden membuat pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono tak bisa dilepaskan dari persepsi politik.

Editor: Elga H Putra
Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden
Agus Harimurti Yudhoyono saat masih menjabat Komandan Kogasma Partai Demokrat menemui Presiden Jokowi. AHY disebut sebagai sosok yang diuntungkan dengan bakal hadirnya SBY di pesta pernikahan Kaesang Pangarep. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Statusnya sebagai anak presiden membuat pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono tak bisa dilepaskan dari persepsi politik.

Hal itu terkait para tamu yang diundang dan bakal hadir ke pesta pernikahan Kaesang selaku putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Salah satunya disampaikan oleh Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari.

Dalam pernikahan Kaesang dengan Erina yang bakal berlangsung Sabtu (10/12/2022) esok, Qodari menyoroti soal ketidakhadiran Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan siap hadirnya Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono.

Politikus NasDem menyebut absennya Surya Paloh karena Ketua Umum Partai NasDem itu sedang berobat ke Jerman.

Baca juga: Mengenal Tradisi Siraman, Ritual Adat yang Dijalani Kaesang dan Erina Jelang Hari Pernikahan

Qodari menduga kepergian Surya Paloh ke luar negeri disengaja sebagai alasan kuat untuk menghindari pertemuan dengan Presiden Jokowi.

“Sementara Surya Paloh berobat, itu gestur atau alasan klasik politisi untuk menghindari pertemuan-pertemuan yang mereka tidak kehendaki,” ujarnya dilansir dari Tribunnews, Kamis (8/12/2022).

Menurut Qodari, Surya Paloh trauma dengan pertemuan di acara HUT ke 58 Partai Golkar di Jakarta beberapa waktu lalu.

Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dan calon istrinya Erina Gudono menjalani prosesi siraman dan sungkeman jelang pernikahan mereka.
Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dan calon istrinya Erina Gudono menjalani prosesi siraman dan sungkeman jelang pernikahan mereka. Statusnya sebagai anak presiden membuat pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono tak bisa dilepaskan dari persepsi politik. (ISTIMEWA via TribunSolo)

Di mana pada saat itu Presiden Jokowi menyindir NasDem untuk tidak sembrono memilih capres, ditambah Presiden Jokowi yang seolah enggan membalas pelukan Surya Paloh.

Diketahui, saat itu NasDem baru saja mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai bakal capres mereka untuk Pilpres 2024 mendatang.

“Jadi Surya Paloh itu menghindari adanya sorotan media mengenai bahasa tubuh dia dengan Jokowi nanti kalau ketemu.

Karena Surya Paloh sudah trauma dengan peristiwa di acara Golkar di mana Jokowi nggak mau dipeluk oleh Surya Paloh,” katanya.

Kata Qodari, absennya Surya Paloh dan hadirnya SBY di hajatan Presiden Jokowi bisa jadi tanda akan ada pertukaran posisi di pemerintahan antara NasDem dan Demokrat.

“Kira-kira ini indikasi bisa terjadi pertukaran tempat di pemerintahan antara Nasdem dengan Demokrat. Jadi gesturnya SBY datang itu merapat ke pemerintahan Jokowi, minimal membuka komunikasi,” kata Qodari.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved