Pilpres 2024

Preferensi Pemilih Jokowi Cenderung ke Ganjar sebagai Capres 2024 dan Erick Thohir Cawapres

Preferensi basis pemilih Jokowi cenderung ke Ganjar Pranowo sebagai capres 2024 dan Erick Thohir jadi cawapres berdasar survei Poltracking Indonesia.

Istimewa
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir. Preferensi basis pemilih Jokowi cenderung ke Ganjar Pranowo sebagai capres 2024 dan Erick Thohir jadi cawapres berdasar survei Poltracking Indonesia. 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Hasil survei Poltracking Indonesia memperlihatkan preferensi basis pemilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) cenderung ke Ganjar Pranowo sebagai capres 2024 dan Erick Thohir sebagai Cawapres.

Demikian dikatakan Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda dalam release temuan dalam survey 5 Provinsi di Pulau Jawa bertema "Membedah Kekuatan Politik Elektoral Capres, Cawapres, dan Parti Politik di Pulau Jawa" di Jakarta, Kamis (15/12/2022).

Pemilih di Pulau Jawa yang mencapai 60 persen suara pada Pilpres 2024 cenderung memilih Gajar berpasangan dengan Erick Thohir.

"Basisnya Jokowi cenderung preferensi pemilih ke Ganjar Pranowo sekarang sebgaai Capres. Kalau dari peta itu kita lihat menjadi bergeser menjadi basis. Misalnya Jawa Tengah basisnya Jokowi, tetapi juga basisnya Ganjar dan basis Erick Thohir sebagai Cawapres. Artinya ketiga ini punya brand conection sebagai basis yang kuat," kata Hanta Yuda.

Hanta mengatakan belakangan ini di masyarakat terlihat calon presidennya Jokowi yakni Ganjar Pranowo.

Sedangkan bila calon presiden 2024 Ganjar Pranowo maka cawapresnya adalah Erick Thohir.

Baca juga: Jelang Nataru, Mak Ganjar Bagikan 500 Pohon Cabai di Jaktim Antisipasi Harga Pangan Meroket

Hal itu dapat terlihat belakangan ini bahwa Ganjar melalui kode-kode politik terakhir yang dinamis.

Kemudian beberapa kali disandingkan Erick Thohir punya brand conection yang sama ke kedua Ganjar dan Jokowi.

"Ganjar dan Jokowi memiliki hubungan baik dengan Erick Thohir seperti terakhir di Solo jadi ketua penyelenggara pernikahan Kaesang-Erina. Selain survey juga menunjukkan kepuasan kepada menteri itu tertinggi ada dua yakni Prabowo dan Erick," kata Hanta.

Survei Poltracking Indonesia.
Survei Poltracking Indonesia. (Istimewa)

Selain itu ada faktor kinerja. Kedekatan Erick kepada Jokowi dan faktor kedekatan preferensi kepada Ganjar Pranowo.

Ketika pemilih Ganjar itu cenderung merekomendasikan cawapresnya Erick. Begitu juga sebaliknya pemilih Erick cenderung capresnya Ganjar Pranowo.

"Begitu juga Anies dan AHY. Ketika basis Anies, preferensinya cawapresnya AHY. Anies dan AHY pemilihnya basis yang non Jokowi. Preperensi pemilih mengarah ke sana," katanya.

Dari hasil survey Poltracking terkait suara pemilih untuk calon presiden dan wakil presiden, serta partai politik untuk Pemilu 2024, Hanta menjelaskan, ada 1.000 orang responden yang masuk ke dalam survei di wilayah DKI Jakarta kali ini.

Hasilnya, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Prabowo Subianto calon terkuat sebagai Capres 2024.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved