Breaking News:

Berkaca Peristiwa 2019, AHY Berharap Pemilu 2024 Tidak Memakan Korban Pihak Penyelenggara

Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berharap peristiwa Pemilu 2019 tak terulang kembali. Ia ingin Pemilu 2024 tak ada korban petugas pemilu.

TRIBUNNEWS/JEPRIMA
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Kamis (12/1/2023). Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berharap peristiwa Pemilu 2019 tak terulang kembali. Ia ingin Pemilu 2024 tak ada korban petugas pemilu. 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berharap peristiwa pada Pemilu 2019 tidak terulang kembali.

Ia pun mengungkapkan adanya 894 petugas yang meninggal dunia dan 5.175 korban sakit akibat kelelahan dan beban kerja yang berlebihan pada Pemilu 2019 lalu.

AHY pun berharap Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dapat bekerja sebaik-baiknya pada Pemilu 2024.

"Kalau kita belajar dari pengalaman Pemilu 2019 yang lalu, yang telah memakan korban jiwa di pihak penyelenggara Pemilu, yakni 894 petugas meninggal dunia serta 5175 korban sakit akibat kelelahan dan beban kerja yang berlebihan," kata Agus dalam konferensi pers, Kamis (12/1/2023).

Oleh karena itu, AHY berharap KPU dan Baswalu bisa mencari cara agar tidak ada lagi korban di kalangan PPS pada Pemilu 2024 mendatang.

Baca juga: Tudingan NasDem Soal Paksakan AHY Jadi Pendamping Anies Disanggah Demokrat: Enggak Ada

"Kali ini kami berharap (jatuh korban) bisa ditekan seminimal mungkin. Bahkan sebisa mungkin nol insiden," tuturnya.

Selain itu, AHY mengingatkan agar penyeleggara pemilu, aparat keamanan, aparat penegak hukum, Pejabat Kepala Daerah hingga ASN agar tetap profesional, netral, tidak terlibat politik praktis dan jangan berpihak.

AHY juga berharap KPU dapat menjalankan tugasnya secara amanah dan independen.

"Mengedepankan azas yang penuh dengan keadilan dan kejujuran," kata AHY.

AHY mengatakan Partai Demokrat ingin tidak ingin ada keberpihakan dilakukan KPU terhadap golongan atau kelompok tertentu.

"Ingin segala sesuatunya berlangsung dengan baik dan damai," ucap pria yang kerap disapa AHY itu.

Baca artikel menarik lainnya TribunJakarta.com di Google News

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Demokrat Berharap KPU dapat Meminimalisir Jatuhnya Korban dari Penyelenggara pada Pemilu 2024,

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved