PASI Sukses Jaring Bibit Atlet Atletik Indonesia, Jokowi Beri Pujian ke Luhut Pandjaitan

Jokowi turut hadir menyaksikan acara final SAC Indonesia 2023 hasil kolaborasi dengan DBL Indonesia yang berlangsung di Stadion Madya, Senayan.

Penulis: Wahyu Septiana | Editor: Jaisy Rahman Tohir
Wahyu Septiana/TribunJakarta.com
Presiden Jokowi di final SAC Indonesia, Stadion Madya, Jakarta, Jumat (13/1/2023). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Wahyu Septiana

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Student Athletics Championships (SAC) edisi pertama sukses digelar, Presiden Jokowi sampai terang-terangan memberikan pujian kepada Menteri Luhut Binsar Panjaitan.

Seperti diketahui, kini Luhut memegang jabatan sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) periode 2021 - 2025.

Jokowi turut hadir menyaksikan acara final SAC Indonesia 2023 hasil kolaborasi dengan DBL Indonesia yang berlangsung di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, pada Jumat (13/1/2023).

Pada acara tersebut, Jokowi mengaku senang dengan terobosan yang dibuat PB PASI dikepemimpinan Luhut Binsar Pandjaitan.

"Saya sangat senang sekali apa yang dilakukan PASI, pembinaan dari bawah dari sekolah, dari madrasah yang kompetisinya ada di daerah-daerah," kata Jokowi di Stadion Madya GBK, Jumat (13/1/2023).

Ia menilai, kejuaraan atletik tingkat pelajar ini sangat bagus dilakukan untuk menjaring bibit-bibit muda atlet atletik Indonesia.

Baca juga: Final SAC Indonesia Berlangsung Meriah, Jokowi Didampingi 6 Menteri Nonton Langsung

"Ini sangat basic karena kita tahu atletik adalah ibunya olahraga. Sepakbola tanpa sebuah speed kekuatan lari, kalah. Futsal juga perlu atletik, lompat jauh perlu atletik. Semua basic-nya ada di sini."

"Saya sangat mengapresiasi yang dilakukan PASI, pembinaan dari bawah, pembinaan dari sekolah dan madrasah bagus sekali," katanya.

Sementara itu, founder sekaligus CEO DBL Indonesia Azrul Ananda mengatakan antusias peserta selama penyelenggaraan SAC sangat besar.

Di edisi pertama penyelenggaraan SAC Indonesia, tercatat mampu diikuti oleh puluhan ribu pelajar.

"Selama satu musim ini kami menyelesaikan penyelenggaraan dari sembilan kota hingga final di Jakarta. Bukan hanya antusias dari peserta dengan jumlah 31 ribu dari seluruh Indonesia, hari ini, Presiden Jokowi dan enam menteri turut hadir menyaksikan," kata Azrul Ananda.

Presiden Jokowi didampingi Menteri Luhut Binsar Pandjaitan dan Zainudin Amali menyaksikan final Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2023 di Stadion Madya, Jakarta, pada Jumat (13/1/2023).
Presiden Jokowi didampingi Menteri Luhut Binsar Pandjaitan dan Zainudin Amali menyaksikan final Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2023 di Stadion Madya, Jakarta, pada Jumat (13/1/2023). (Wahyu Septiana/TribunJakarta.com)

Pada kesempatan tersebut, Jokowi hadir didampingi sejumlah menteri mulai dari Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi sekaligus Ketua Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) Luhut Binsar Panjaitan, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Azrul berharap kemeriahan pada edisi pertama SAC Indonesia dapat menjadi pemicu baru bagi olahraga atletik.

"Seharusnya olahraga atletik ini menjadi olahraga terpopuler karena ibu dari semua cabang olahraga," ujarnya.

"Ke depan karena ini kolaborasi dengan PASI, kami tentunya akan mengevaluasi secepatnya, penambahan kotanya seperti apa agar lebih banyak peserta dan penambahan nomor perlombaan, serta penjadwalan lebih baik," kata Azrul Ananda.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved