Kabar Artis

Penipuan Giveaway Makan Banyak Korban hingga Harus Ganti Rugi, Akhirnya Baim Wong Lapor Polisi

Baim Wong mengungkapkan, para korban ini mengaku kepada dirinya bahwa mereka seperti dihipnotis saat pelaku beraksi melakukan penipuan.

Kompas.com/Ira Gita Natalia Sembiring
Artis peran Baim Wong bersama Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Sudjarwoko saat konferensi pengungkapan kasus penipuan berkedok pemenang giveaway dengan mencatut nama Baim Wong, di Mapolres Metro Jakarta Utara, Selasa (22/12/2020). Terkini, Baim Wong melaporkan kasus serupa ke Polda Metro Jaya, Selasa (17/1/2023). 

TRIBUNJAKARTA.COM - Korban kasus penipuan berkedok giveaway dengan mencatut nama artis Baim Wong terus berjatuhan hingga membuat sang artis harus ganti kerugian para korban.

Tak ingin kasus penipuan giveaway itu menimpa korban lainnya, Baim Wong akhirnya melaporkan kasus tersebut ke Polda Metro Jaya, Selasa (17/1/2023).

Apalagi, kasus penipuan berkedok pemenang giveaway dengan mencatut nama Baim Wong bukan kali ini terjadi.

Dalam laporannya itu, Baim menyampaikan terdapat ratusan korban dari aksi penipuan berkedok giveaway yang dilakukan pelaku. Dan nilai kerugian satu orang korban bisa mencapai puluhan juta.Disampaikan Baim, dirinya telah mengumpulkan para korban dan siap mengganti kerugian mereka.

"Saya sebelum panggil mereka, saya pernah DM (direct message) mereka, saya siap ganti semua. Katanya ada yang rugi ratusan ribu, jutaan rupiah," kata Baim kepada wartawan di Polda Metro Jaya dikutip, Rabu (18/1/2023).

Akibat kejadian itu, Baim pun terpaksa mengganti kerugian yang dialami oleh ratusan korban giveaway yang mencatut nama dirinya itu.

Baca juga: Satu Pelapor Cabut Laporan, Polisi Pastikan Kasus Prank KDRT Baim Wong Belum Disetop

Kendati demikian, ia tak menjelaskan secara rinci berapa total uang yang ia keluarkan untuk mengganti kerugian korban tersebut.

"Kami ganti ya lumayan ya, tapi saya nggak mau sebutin berapa yang pasti kami nggak bisa tangani semua. Yang sekarang saja ada 23 atau 31. Mungkin sampai seratusan lebih," ucapnya.

Baim Wong ditemui usai melaporkan kasus penipuan berkedok giveaway yang mencatut namanya di Polda Metro Jaya, Selasa (17/1/2023).
Baim Wong ditemui usai melaporkan kasus penipuan berkedok giveaway yang mencatut namanya di Polda Metro Jaya, Selasa (17/1/2023). (Warta Kota/Indri)

Baim Wong mengungkapkan, para korban ini mengaku kepada dirinya bahwa mereka seperti dihipnotis saat pelaku beraksi melakukan penipuan.

Hal itu lantaran ketika para korban ini diminta untuk mengirim uang via transfer mereka dengan mudah melakukan hal tersebut seraya menuruti keinginan pelaku.

"Mereka itu seperti dihipnotis kan ada yang Rp31 juta, Rp23 juta, terkadang kayak dihipnotis mereka bilang seperti itu seperti dihipnotis ke atm gak tahu kenapa dia transfer," ujarnya.

Adapun pihak yang menjadi korban penipuan itu memiliki latarbelakang ekonomi yang terbilang menengah kebawah.

Mereka mengaku menelan kerugian dari Rp 23 juta hingga Rp 31 juta.

"Mereka ini ada yang tukang seblak dan orang biasa, gak ada kerjaan, saya bilang 'uangnya dari mana?' 'Minjem kanan kiri'," tuturnya

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Tribun Shopping

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR
    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved