Sepekan ETLE di Kota Tangerang, Terekam Ratusan Pelanggar Lalu Lintas: Mayoritas Pengemudi Mobil

Dari data yang dihimpun, total ada 213 pengendara roda dua dan empat yang melakukan pelanggaran dan tertangkap kameta ETLE.

Penulis: Ega Alfreda | Editor: Jaisy Rahman Tohir
Ega Alfreda/TribunJakarta.com
Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) akan diterapkan di Kota Tangerang mulai Senin (9/1/2023) yang baru saja dipasang di satu lokasi kawasan Jalan Daan Mogot KM27, Kamis (5/1/2023). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Ratusan pengendara di Kota Tangerang  terjaring penindakan sejak diberlakukannya kamera penindakan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di Jalan Daan Mogot KM27.

Dari data yang dihimpun, total ada 213 pengendara roda dua dan empat yang melakukan pelanggaran dan tertangkap kameta ETLE.

Ratusan pengendara itu pun telah mendapatkan surat sanksi penilangan yang dikirim ke alamat masing-masing.

"Penindakan kita selama seminggu dipasang kamera ETLE ini ada 213 pelanggar, baik pengendara roda empat dan dua," kata Kasatlantas Polres Metro Tangerang Kota, Kompol Joko Sembodo, Selasa (17/1/2023).

Menurutnya, pelanggaran didominasi tidak menggunakan helm, sabuk pengaman pada mobil, dan penggunaan ponsel saat berkendara.

Namun, paling banyak adalah pelanggaran tidak menggunakan sabuk pengaman pada mobil.

Baca juga: Kamera ETLE Perdana di Kota Tangerang, Warga Berharap Ditambah di Kawasan Rawan

"Diantara tiga itu pengendara tidak menggunakan sabuk pengaman sebanyak 60,8 persen, tidak menggunakan helm 37,08 persen, dan menggunakan telepon saat berkendara 2,34 persen," papar Joko Sembodo.

Nantinya, setelah mereka tertangkap kamera melanggar peraturan lalulintas, surat penilangan akan segera mendarat di rumah masing-masing sesuai pelat nomor yang terdeteksi.

Surat penilangan tersebut akan langsung dikirim melalui kantor pos terdekat.

"Bagi pelanggar yang sudah menerima surat tilang agar segera melakukan verifikasi di posko ETLE yang telah disiapkan petugas di Polres Metro Tangerang Kota," ujar Joko.

Sementara, warga Kota Tangerang justru berharap pemasangan kamera ETLE diperbanyak.

Bukan tanpa alasan, sebab, banyak warga Kota Tangerang yang sudah gelisah dengan ulah pengendara kendaraan roda dua yang gemar melanggar peraturan lalulintas.

Seperti melawan arah dan tidak menggunakan helm tapi berkendara secara ugal-ugalan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Tribun Shopping

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR
    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved