Jokowi Puji Heru Budi Mampu Selesaikan Sodetan Ciliwung yang Mangkrak 6 Tahun, PDIP: Kerjanya Bagus

Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Ida Mahmudah buka suara soal pujian yang diberikan Presiden Joko Widodo terhadap Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta

Istimewa/Dok. Pemprov DKI
Presiden Joko Widodo bersama Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono saat meninjau pembangunan sodetan Kali Ciliwung, Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (24/1/2023). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Ida Mahmudah buka suara soal pujian yang diberikan Presiden Joko Widodo terhadap Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono yang mampu menyelesaikan pembuatan sodetan Kali Ciliwung.

Ia menyebut sudah melihat langsung hasil kerja keras Heru menyelesaikan pembangunan sodetan yang sudah mangkrak selama enam tahun terakhir.

Saat melihat langsung proyek tersebut, politikus senior PDIP ini mengaku kagum pembangunan sodetan yang sempat terkendala masalah pembebasan lahan bakal beroperasi pada April 2023 mendatang.

"Sebelum pak Jokowi datang, saya sudah ke lokasi lebih dahulu. Pekerjaan ini lumayan bagus dan berjalan lancar," ucapnya dalam keterangan tertulis, Kamis (26/1/2023).

"Saya yakin April 2023 selesai dan diresmikan pak presiden," sambungnya.

Baca juga: Jelang KTT ASEAN, Heru Budi Larang Proyek Galian di Sepanjang Jalan Protokol

Ida optimis, sodetan epanjang 1,26 kilometer ini mampu jadi solusi masalah banjir yang kerap melanda kawasan Kampung Melayu hingga Pasar Minggu.

Pasalnya, sodetan ini mampu mengalirkan air hingga 60 meter kubik per detik dari Kali Ciliwung menuju Kanal Banjir Timur (KBT).

"Saat saya ke sana itu sisa tujuh meter yang sedang dikerjakan. Kehadiran sodetan ini akan mengurangi risiko banjir pada beberapa kawasan di hilir Kali Ciliwung," ujarnya.

Baca juga: Sodetan Ciliwung Nyaris Rampung, Heru Budi Dipuji Jokowi, PSI: Kalau Anies Mangkrak Bertahun-tahun

Ia pun turut mengusulkan supaya area di sekitar sodetan Kali Ciliwung ini juga disulap jadi ruang terbuka yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk berekreasi hingga olahraga.

"Saya menyarankan dibuatkan jogging track dan lengkapi dengan fasilitas lainnya. Ini supaya warga bisa manfaatkan area di sekitar sana," tuturnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo bersama Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meninjau pembangunan sodetan Kali Ciliwung yang berada di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur.

Baca juga: Temuan 19 Anak Gizi Buruk di Jaksel, Heru Budi Langsung Panggil Seluruh Pejabat Eselon 2 di DKI

Dalam kesempatan ini, Presiden Jokowi turut menyindir soal mangkraknya pembangunan sodetan Kali Ciliwung.

Meski tak secara spesifik menyinggung nama Anies Baswedan, tetapi di era kepemimpinan eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu DKI proyek pembangunan sodetan Kali Ciliwung gagal diselesaikan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved