Pemkot Jakarta Timur Masih Cari Cara Selesaikan Banjir Luapan PHB Sulaiman

Penulis: Bima Putra
Editor: Wahyu Septiana
Ilustrasi banjir di permukiman warga Kelurahan 03 Kelurahan Cipinang Melayu korban banjir luapan PHB Sulaiman, Makasar, Jakarta Timur - Pemkot Jakarta Timur masih mencari cara menyelesaikan masalah banjir luapan saluran penghubung (PHB) Sulaiman di permukiman warga Cipinang Melayu

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, MAKASAR - Pemkot Jakarta Timur masih mencari cara menyelesaikan masalah banjir luapan saluran penghubung (PHB) Sulaiman di permukiman warga Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar.

Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar mengatakan dari hasil rapat koordinasi pada Rabu (28/7/2021) dihasilkan dua solusi untuk menyelesaikan masalah banjir luapan PHB Sulaiman.

TONTON JUGA

Solusi pertama yakni menurunkan dasar sungai aliran ke Kali Cipinang melalui crossing saluran di bawah aliran Kalimalang guna menyelesaikan banjir di permukiman RW 02 dan RW 03.

"Ini saya kira bukan solusi yang prioritas karena akan memindahkan masalah. Nanti air itu akan tumpah ke Cipinang Muara, akhirnya akan terjadi genangan yang sama, banjir, Kita perlu pompa lagi,” kata Anwar di Jakarta Timur, Rabu (28/7/2021).

Solusi kedua yakni membuat waduk di wilayah Kelurahan Halim Perdanakusuma guna mengurangi debit air di PHB Sulaiman yang alirannya berada di permukiman warga RW 02 dan RW 03.

Tampak permukiman warga Kelurahan Cipinang Melayu korban banjir luapan PHB Sulaiman, Makasar, Jakarta Timur, Selasa (16/2/2021) (TribunJakarta/Bima Putra)

Dalam pembuatan waduk ini Pemkot Jakarta Timur bakal bekerja sama dengan TNI AU, tujuannya guna mengurangi debit air sehingga saat hujan deras debit di PHB Sulaiman berkurang.

"Kita akan buat waduk di Halim, ada waduk di Halim yang berhimpitan dengan PHB Sulaiman."

Baca juga: Sesama Penyandang Tuna Rungu, Stafsus Presiden Angkie Sebut 2 Oknum TNI AU di Merauke Berlebihan

"Jadi, air sebelum ke PHB Sulaiman, ditampung dulu di sana. Insyaallah, harapan saya tahun ini tidak terjadi banjir lagi setelah Kita bangun,” ujarnya.

Halaman
12