Antisipasi Virus Corona di DKI

Kapolda Metro Ingatkan Perang Lawan Covid-19 Belum Usai: Sifat Egois Harus Dibuang Jauh-jauh

Penulis: Annas Furqon Hakim
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran dan jajarannya berkunjung ke Gerai Vaksin Presisi di Singapore Intercultural School (SIS), Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (9/7/2021).

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Annas Furqon Hakim

TRIBUNJAKARTA.COM, KEBAYORAN BARU - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran menargetkan seluruh warga Jakarta sudah disuntik vaksin Covid-19 pada 17 Agustus 2021.

Target tersebut diharapkan dapat tercapai melalui program Vaksinasi Merdeka.

"Kami Forkopimda DKI ini kompak untuk mencapai target herd immunity dengan target kuantitas," ujar Fadil di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Minggu (1/8/2021).

Lebih lanjut, Fadil mengatakan perang melawan Covid-19 belum selesai. Ia pun mengimbau warga Jakarta untuk segera divaksin Covid-19.

"Ini yang harus terus kita ingatkan. Sifat-sifat egois yang mementingkan diri sendiri saya kira harus kita buang jauh-jauh," ujar Kapolda.

Baca juga: Penjual Ketoprak Antusias Datangi Gerai Vaksinasi Merdeka di Jakut: Biar Ekonomi Lancar Lagi

"Jangan mudah lupa kita kemarin di ICU banyak yang tidak dapat pertolongan dengan cepat. Kemarin ruangan IGD penuh, dengan cepat kita lupa ini sepeti yang dikatakan gubernur perang belum selesai," tambahnya.

Kapolda menjelaskan, program Vaksinasi Merdeka akan berlangsung hingga 17 Agustus 2021. Hal itu sekaligus untuk memperingati Hari Kemerderkaan Indonesia.

Fadil berharap kekebalan kelompok (herd immunity) di Jakarta dapat tercapai melalui program Vaksinasi Merdeka.

Baca juga: Warga Rela Antre Berjam-jam Ikuti Vaksin Covid-19 di GOR Rawamangun Jakarta Timur

Nantinya, terdapat 900 gerai vaksinasi yang didirikan di permukiman-permukiman warga.

"Ada 900 gerai yang ada di pos RW. Masyarakat tinggal buka pintu, dia keluar, dia langsung divaksin," ujar Kapolda.

"No barier to entry karena jaraknya sudah dekat. Kemudian, karena masyarakat di situ dilibatkan, tak ada satupun nanti yang terlewati," tambahnya.

Baca juga: Saat Seorang Bule Skotlandia Antusias Suntik Vaksin Sinovac di Depok: Im Very Happy

Ia menuturkan, Vaksinasi Merdeka akan dilakukan hingga penyuntikan dosis kedua, yang digelar pada 28 Agustus hingga 13 September.

"Kami ingin tuntaskan bukan hanya dosis pertama, tapi gerakan Vaksinasi Merdeka ini juga akan melakukan vaksinasi dosis kedua dengan jumlah yang sama," tutur Fadil.