Antisipasi Virus Corona di DKI

Dapat Sembako, Ratusan Pemulung di Cakung Antusias Ikuti Vaksinasi Covid-19

Penulis: Bima Putra
Editor: Wahyu Septiana
Pemulung peserta vaksinasi Covid-19 saat proses penyuntikan dengan vaksin jenis AstraZeneca di Cakung, Jakarta Timur, Sabtu (4/9/2021).

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CAKUNG - Sebanyak 150 pemulung warga Kelurahan Rawa Terate, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur mengikuti vaksinasi Covid-19 pada Sabtu (4/9/2021) siang.

Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar mengatakan kegiatan yang khusus digelar satu hari tersebut hasil kerja sama dengan sejumlah pihak swasta.

"Besok mungkin di Kecamatan lain digelar. Tentunya ini sangat berarti dan bermanfaat untuk warga pemulung," kata Anwar di Cakung, Jakarta Timur, Sabtu (4/9/2021).

Dari peninjauannya di lokasi kegiatan di Jalan Pulo Lentut RT 01/RW 06, menurutnya para pemulung antusias mengikuti kegiatan vaksinasi dosis satu.

Mereka antre mendaftarkan diri secara tertib mengikuti arahan panitia untuk menjalani penyuntikan dengan vaksin Covid-19 jenis AstraZeneca.

Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar saat menyerahkan bingkisan sembako untuk pemulung peserta vaksinasi Covid-19 di Cakung, Sabtu (4/9/2021). (TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA)

Dia mengapresiasi panitia penyelenggara yang memberikan makan siang, cemilan, hingga paket sembako sehingga para pemulung antusias mengikuti kegiatan.

"Biasanya masyarakat semangat kalau ada sembakonya, tapi itu enggak masalah. Namanya pemulung pasti kan mereka butuh, diberikan sembako biar imunnya juga bertambah. Biar sehat selalu," ujarnya.

Baca juga: Gebyar Vaksin di Pademangan Digelar Besok, 1.000 Peserta akan Dihadiahi Paket Beras 5 Kg

Anwar menuturkan vaksinasi Covid-19 untuk kelompok kelompok rentan seperti pemulung bakal terus digelar guna menciptakan kekebalan komunal.

Dia memastikan pemulung yang berdomisili di Jakarta Timur tapi secara catatan kependudukan bukan warga DKI tetap dilayani di sentra vaksinasi Covid-19.

Pemulung peserta vaksinasi Covid-19 saat proses penyuntikan dengan vaksin jenis AstraZeneca di Cakung, Jakarta Timur, Sabtu (4/9/2021). (TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA)

"Kita tidak melihat siapa dia, KTP mana yang penting dia warga negara Indonesia harus selalu sehat dan terbebas dari Covid-19," tuturnya.