Antisipasi Virus Corona di DKI

Sejak Juni 2020-Agustus 2021, Tercatat Puluhan PMKS di Jakarta Timur Terpapar Covid-19

Suasana PMKS di GOR Ciracas, Jakarta Timur. Puluhan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) yang dijangkau jajaran Sudin Sosial Jakarta Timur terpapar Covid-19.

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CAKUNG - Puluhan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) yang dijangkau jajaran Sudin Sosial Jakarta Timur terpapar Covid-19.

Kasudin Sosial Jakarta Timur Purwono mengatakan jumlah tersebut akumulasi dari total PMKS yang dijangkau sejak Juni tahun 2020 lalu hingga Agustus 2021.

"Dari total ribuan PMKS yang dijangkau ada puluhan tahun terkonfirmasi. Jumlah pastinya saya lupa tapi di bawah 50 orang, jadi sangat sedikit sekali," kata Purwono di Cakung, Jakarta Timur, Sabtu (4/9/2021).

Puluhan PMKS diketahui terkonfirmasi Covid-19 berdasar hasil pemeriksaan jajaran Sudin Kesehatan Jakarta Timur di tempat penampungan sementara.

Sejak Juni 2020 Pemprov DKI Jakarta menetapkan PMKS yang dijangkau tidak langsung ditempatkan di panti sosial, melainkan ditampung sementara.

Baca juga: Datangi GOR Pasar Minggu Malam-malam, Andre Rosiade Ajak PMKS Ini Pulang Kampung ke Sumatera Barat

"Jadi di tempat penampungan sementara ini PMKS yang dijangkau diperiksa swab antigen. Kalau negatif Covid-19 dan tidak memiliki anggota keluarga dikirim ke panti sosial," ujarnya.

Sementara PMKS yang terkonfirmasi Covid-19 dirujuk ke tempat isolasi khusus ditentukan jajaran Sudin Kesehatan Jakarta Timur berdasarkan kondisi diderita.

Purwono menuturkan puluhan PMKS yang terkonfirmasi Covid-19 itu kini sudah dinyatakan sembuh setelah menjalani isolasi dan mendapat penanganan medis.

Baca juga: Andre Rosiade Tergerak Membantu, Tak Tega Lihat PMKS Ini Setiap Malam Tidur di Trotoar TB Simatupang

Bagi PMKS memiliki anggota keluarga dikembalikan ke pihak keluarga mereka, sedangkan yang tidak memiliki anggota keluarga dikirim ke panti sosial.

"Sampai sekarang ini PMKS yang dijangkau tidak langsung ditempatkan di panti. Ditampung dulu di tempat penampungan sementara untuk diperiksa," tuturnya.

Baca juga: Hampir Satu Tahun Tidur di Trotoar Jalan Simatupang, PMKS yang Viral Dibawa Petugas Sosial

Tujuannya agar PMKS yang baru dijangkau dan terkonfirmasi Covid-19 tidak menulari warga binaan sosial lain di panti sosial dan mencegah klaster Covid-19 baru.

Pemkot Jakarta Timur awalnya menetapkan GOR Ciracas jadi tempat penampungan sementara PMKS, tapi sejak Juni 2021 lalu lokasi dipindah.

"Karena kemarin GOR Ciracas jadi lokasi sentra vaksinasi massal Covid-19 jadi tempat penampungan sementara dipindah ke GOR Kelapa Dua Wetan. Sampai sekarang masih di sana," lanjut Purwono.