2 Bulan di Garda Depan 'Perang' Lawan Covid-19, Ratusan Prajurit TNI Kini Kembali ke Barak

Penulis: Elga Hikari Putra
Editor: Yogi Jakarta
Prajurit TNI AD menjalani apel sebelum dikembalikan ke kesatuan usai dikirim di rumah sakit darurat untuk membantu menangani pasien Covid-19.

                                                                                                                                                                                TRIBUNJAKARTA.COM - Usai dua bulan dikerahkan di garda depan dalam 'perang' melawan Covid-19, ratusan prajurit TNI AD kini dikembalikan lagi ke barak.

Sebelumnya, para prajurit ini diperbantukan selama berdirinya dua rumah sakit darurat Covid-19 yakni di RS Lapangan II Batalyon Kesehatan 1 di bawah Komando Divisi Infanteri 1/Kostrad yang dibangun di area RSPAD Gatot Soebroto.

Serta di RS Lapangan Batalyon Kesehatan 2, Divisi Infanteri II/Kostrad di Kawasan RST dr. Soepraoen Malang, Jawa Timur.

Lantaran kasus Covid-19 saat ini mulai menurun, maka prajurit yang diperbantukan di dua rumah sakit tersebut telah selesai menjalani tugas.

Mereka pun telah dikembalikan ke kesatuan mereka masing-masing.

Baca juga: TMMD ke-112 Resmi Digelar di Kota Depok, Prajurit TNI Sasar Kegiatan Fisik dan Non Fisik

Adapun prajurit TNI AD telah bertugas di rumah sakit darurat sejak Juli 2021 seiring terjadinya badai Covid-19 di sejumlah wilayah di tanah air.

Kendati begitu, KSAD Jenderal Andika Perkasa tetap meminta anggotanya siaga untuk terus meredam penyebaran Covid-19.

Jenderal Andika juga memberikan arahan untuk semua prajurit TNI AD yang bertugas di RS Lapangan, untuk dikembalikan kesatuan masing-masing.   

Prajurit TNI AD menjalani apel sebelum dikembalikan ke kesatuan usai dikirim di rumah sakit darurat untuk membantu menangani pasien Covid-19. (Youtube TNI AD)

   
“Untuk RS Lapangan, jadi besok pagi jam 8 akan diapelkan di RS masing-masing Soepraoen dan RSPAD setelah itu mereka bisa mulai membongkar sampai tuntas baru kembali bersama-sama,” ujar Kasad dilansir dari Youtube TNI AD, Kamis (16/9/2021).   
   
Direktur Umum RSPAD, Brigjen TNI dr Iwan Turniawan menyampaikan rasa terimakasihnya atas perjuangan para prajurit TNI AD dalam membantu penanganan Covid-19.

"Status menurun dan untuk personel yang ada di ruma sakit ini bisa kembali ke kesatuan masing-masing

Halaman
1234