Usai Macan Tutul, Kang Dedi Ingin Buktikan Harimau Jawa Masih Ada dengan Berbekal Cara Ini

Penulis: Elga Hikari Putra
Editor: Yogi Jakarta
Kang Dedi menikmati air terjun yang ada di kaki Gunung Sanggabuana, Karawang, Jawa Barat. Usai berhasil membuktikan macan tutul Jawa masih ada di Gunung Sanggabuana, Anggota DPR RI Dedi Mulyadi ingin melakukan hal yang sama kepada harimau Jawa.

TRIBUNJAKARTA.COM - Usai berhasil membuktikan macan tutul Jawa masih ada di Gunung Sanggabuana, Anggota DPR RI Dedi Mulyadi ingin melakukan hal yang sama kepada harimau Jawa.

Hal itu dikatakan Kang Dedi saat dia menyaksikan rekaman keberadaan macan tutul Jawa di Gunung Sanggabuana dari kamera trap yang dipasangnya bersama Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) dan tim Sanggabuana Wildlife Expedition.

Pasalnya, ujar tim dari TNGHS, selama ini harimau Jawa dibilang punah karena belum ada visualnya yang terekam kamera sebagai bukti.

Meskipun sebenarnya ada warga yang mengaku pernah melihat harimau mirip harimau Jawa.

Mendengar hal itu, Kang Dedi berencana menambah lagi titik pemasangan kamera trap untuk mengetahui keberadaan satwa di alam liar.

Baca juga: Sigapnya Kang Dedi Soal Macan di Sanggabuana buat Kaget Pecinta Alam: Saya Aktivis, Bukan Pejabat

Diketahui, keberadaan macan tutul Jawa di Gunung Sanggabuana dapat terlihat dari kamera trap yang dipasang Anggota DPR Dedi Mulyadi dan TNGHS.

Total ada 10 unit kamera trap yang terpasang di Gunung Sanggabuana, 8 unit dari TNGHS dan 2 unit dari Dedi.

Kamera trap dengan sensor gerak dan infra merah yang dipasang mantan bupati Purwakarta dan tim Sanggabuana Wildlife Expedition ini ternyata berhasil merekam macan tutul jawa (Panthera pardus melas).

Kang Dedi Mulyadi saat melihat rekaman keberadaan macan tutul Jawa di Gunung Sanggabuana, Karawang, Jawa Barat. (Kang Dedi Mulyadi Channel)

Di salah satu titik pemasangan, dua kamera dipasang berhadapan, satu dengan mode perekaman video dan satu dengan mode perekaman foto.

"Sekarang gini, dimana ada laporan perjumpaan (dengan harimau Jawa) yuk dengan saya pasang kamera," kata KDM dilansir dari akun Youtube miliknya di Kang Dedi Mulyadi Channel, Selasa (21/9/2021).

Halaman
1234